Resolusi Keuangan Tahun Baru

Tahun Baru merupakan waktu yang tepat untuk membuat resolusi baru. Apalagi jika kita harus menentukan resolusi keuangan.

Keuangan pribadi harus mendapatkan porsi yang cukup dalam setiap resolusi tahun baru. Kamu tidak bisa memasuki tahun baru tanpa mempersiapkan rencana keuangan yang bagus kan?

 

Ide Untuk Resolusi Keuangan Tahun Baru 2017

Orang senang melakukan perencanaan target dan gol di Januari. Mereka menentukan gol yang luar biasa dan menyesali gol yang tidak tercapai tersebut di Desember.

Masalah utamanya bukan karena orang tidak mau melakukan resolusi yang telah ditetapkan. Tetapi orang tidak sadar bahwa resolusi adalah membuat kebiasaan baru.

Betul. Resolusi membutuhkan kebiasaan baru. Jika kamu terlalu nyaman saat ini, resolusi sekeren apapun tidak akan membuat kamu bergerak. Tidak ada dorongan sama sekali untuk melakukannya. Hal ini hanya akan menjadi angan-angan saja.

Mari kita bahas beberapa ide untuk melakukan resolusi di tahun baru. Semoga beberapa ide ini akan menambah bensin di mesin kamu.

 

Mulai Dengan Hal Kecil

Orang sangat senang membuat resolusi besar. Mimpi hal besar, katanya. Saya sendiri tidak menentang bermimpi yang besar. Saya bahkan mempunyai mimpi yang besar. Saya ingin memiliki rumah dengan minimal 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi. Garasinya mampu menampung 4 mobil, walaupun maksimum saya hanya ingin mempunyai 2 mobil saja. Saya ingin rumah tersebut mempunyai halaman belakang di mana keluarga besar kami bisa berkumpul.

Yang saya maksudkan dengan mulai dari hal kecil adalah kamu harus menentukan target yang bisa kamu capai. Seperti penurunan berat badan. Jangan katakan kalau kamu hendak turun berat badan sebanyak 10kg tahun ini. Angka itu terlalu besar. Angka tersebut akan menghukum kamu di akhir bulan Januari. Kamu akan lihat bahwa kamu hanya turun berat badan sebanyak 1 kg lalu kamu menyerah.

Lebih baik kamu menetapkan target turun 1kg setiap bulannya. Hal ini lebih mudah dicapai. Kamu bahkan akan terkejut ketika target itu tecapai. Bahkan sampai bingung mengapa hal ini bisa terjadi. Pada akhir tahun kamu akan turun sebanyak 12kg. Itu lebih baik dari target awal yang cuma 10kg kan?

 

Carilah Inspirasi

Baca buku. Orang Indonesia sangat kurang dalam membaca buku. Padahal melalui membaca banyak buku, kita bisa mendapatkan banyak sekali pengalaman orang lain. Lebih baik kita mengetahui kegagalan seseorang melalui tulisannya daripada kita yang mengalami sendiri kegagalan tersebut.Resolusi keuangan pribadi

Banyak sekali buku bagus di luar sana. Saya sangat menyukai buku Rich Dad Poor Dad dari Robert T. Kiyosaki. Buku ini telah mengubah cara pandang saya terhadap keuangan pribadi saya.

Masih banyak lagi buku-buku bagus lainnya:

  1. Berpikir dan Menjadi Kaya (Think and Grow Rich) oleh Napoleon Hill. Buku ini memberikan perubahan cara pikir yang luar biasa. Jika kamu berpikir bisa menjadi kaya, maka kamu pun bisa menjadi kaya. Semua dimulai oleh cara berpikir.
  2. The Seven Habits of Highly Effective People oleh Stephen R. Covey. Kebiasaan yang baik akan membantu kamu untuk mencapai resolusi keuangan kamu. Mulailah dengan buku ini sebagai panduan kamu memulai kebiasaan baru.
  3. The Millionaire Next Door oleh Thomas Stanley. Buku ini menunjukkan bahwa untuk menjadi orang kaya, orang biasa pun bisa. Itu sebabnya “tetangga” kamu pun bisa menjadi orang kaya.
  4. The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham. Buku ini merupakan panduan bagi Warren Buffett. Siapa yang tidak mengenal Warren Buffett? Bagaimana jika kamu bisa belajar juga dari gurunya Warren Buffett?

 

Stop Hamburkan Uang

Ini nasihat yang sangat jelas. Jika kamu kesulitan keuangan, hentikan pengeluaran yang tidak perlu. Kamu bisa hidup tanpa TV berlangganan, majalah, dan koran. Stop merokok. Masak sendiri makananmu dan stop membayar harga mahal di restoran.

Saya tahu nasihat ini akan menjadi satu hal yang sangat sulit dilakukan. Tetapi kamu harus melakukannya. Ingat nasihat di awal? Mulai dengan hal kecil. Stop berlangganan satu hal dulu.

Jangan menambah hutang jelek lagi. Hutang jelek adalah hutang yang kamu ciptakan untuk membeli hal-hal yang tidak menghasilkan uang. Jangan membeli iPhone 7 dulu jika kamu kesulitan memenuhi kebutuhan hidup. Banyak sekali smartphone yang lebih murah daripada iPhone 7. Gengsi tidak bisa membuat kamu kaya. Kamu harus kaya dulu baru boleh mempunyai gengsi. 😀

 

Cari Accountability Buddy

Bagikan resolusi keuangan tahun baru kamu ke Resolusi Keuangan Tahun BaruAccountability Buddy. Accountability buddy adalah orang yang membantu kamu dan mengingatkan kamu akan gol yang telah kamu tetapkan. Ia akan terus menyemangati kamu. Siapa yang bisa menjadi Accountability Buddy? Siapa saja. Pasangan, teman, orang tua, atau komunitas.

Saya lebih suka membagi resolusi saya dengan pasangan saya. Kenapa? Karena kami sebagai satu unit keluarga harus mempunyai pandangan yang searah. Jangan sampai saya mau ke A tetapi isteri mau ke B. Apalagi masalah keuangan. Jadi kita sebagai keluarga harus sepakat terlebih dahulu baru bisa menjalankan resolusi keuangan kita.

Alat-Alat Untuk Membantu Resolusi Keuangan Tahun Baru

Seperti yang sudah saya singgung di awal artikel ini, sebuah resolusi adalah kebiasaan baru dalam proses pembuatan. Kamu harus mengerti hal ini. Kebiasaan baru hanya bisa terbentuk jika kita memaksa diri kita sendiri.

Pada awalnya tidak ada seorangpun yang senang pergi ke gym. Otot-otot kita sangat menderita setelah workout yang pertama. Itu sebabnya orang dengan segera meninggalkan keanggotaan gym mereka.

Orang yang mengerti bahwa otot harus dilatih dengan cara yang “keras” akan menyukai latihan mereka di gym. Semakin sering mereka melatih tubuh mereka, otot akan menyukai kebiasaan baru ini. Bahkan otot mereka akan “ketagihan” latihan.

Fenomena ketagihan ini ada di setiap kebiasaan yang terbentuk. Manusia menyukai rutinitas dan tidak menyukai ketidaknyamanan akibat perubahan.

Untuk membantu kamu melewati ketidaknyamanan akibat perubahan kebiasaan di bidang keuangan, saya akan memberikan beberapa daftar alat perencana keuangan pribadi yang dapat kamu gunakan:

  1. Mint. Alat finansial berbasis web ini GRATIS. Kamu tinggal memasukkan data keuangan, investasi, dana pensiun, kartu kredit dan data yang lainnya. Mint akan segera memberikan gambaran kesehatan keuangan pribadi kamu.
  2. BudgetSimple. Alat ini juga gratis. Tetapi jika kamu menginginkan kemampuan penuh dari alat ini, kamu harus membayar $5 per bulan. Jumlah ini sangat kecil dibandingkan penghematan yang kamu dapatkan.
  3. You Need a Budget. Ini adalah komunitas yang sangat peduli dengan keuangan pribadi. Bukan hanya sebuah alat finansial tetapi kamu mendapatkan sebuah komunitas. Di sini kamu bisa mendapatkan berbagai pendidikan finansial. Cukup $50 setahun saja. Sangat murah!

 

Kesimpulan

Resolusi keuangan tahun baru kamu akan menjadi sia-sia jika kamu tidak mau mengubah diri sendiri. Miliki kebiasaan baru. Buang pengeluaran yang tidak perlu. Bacalah buku untuk mengerti bagaimana cara uang bekerja. Pakailah alat yang tersedia.

Apa resolusi keuangan tahun baru kamu? Bagaimana kamu mendapatkannya? Bagikan strategi dan pengalaman kamu di bawah ini.

 

Peluang usaha bisnis online, Affiliate Indonesia