Pola Pikir Ini Akan Kendalikan Keuangan Pribadi Kamu

Tahukah kamu jika pola pikir kamu akan mengendalikan keuangan pribadi kamu? Jangan pernah menyepelekan hal sederhana seperti uang receh. Kamu hemat atau boros adalah akibat dari pola pikir yang kamu miliki dalam mengelola keuangan pribadi.

 

Cara Mengelola Keuangan Pribadi

1. Bayar Diri Sendiri Dulu.

Bukan. Ini bukan berarti kamu bisa berfoya-foya atau berpesta. Bukan berarti kamu boleh membeli motor baru atau mobil baru. Bukan berarti kamu boleh membeli tas dan sepatu baru. BUKAN!

Maksudnya adalah kamu harus menyisihkan untuk tabungan kamu di awal. Betul! MENABUNG!

Kapan terakhir kali kamu menabung? Jangan-jangan malah tidak pernah.

Jangankan menabung, bayar tagihan tiap bulan saja tidak cukup. Terus bagaimana dong?

Saya tetap menganjurkan kamu agar menyisihkan penghasilan kamu di awal. Bisa mulai 10% terlebih dahulu. Terlalu besar? Bagaimana jika kita mulai dengan 2% dulu? Intinya adalah kita harus memulai menabung.

Jika kamu menabung sebesar 2%, maka kamu akan terbiasa hidup dengan 98%. Terus tingkatkan tabunganmu. (Lho? Kok kayak iklan bank ya?). Jika bulan ini bisa menabung 2%, usahakan bulan depan menjadi 3%. Demikian seterusnya.ayo-menabung-affiliate-indonesia

Satu hal yang harus diingat! Tabungan ini tidak boleh dipakai untuk apapun kecuali ada kegawatan yang menyangkut nyawa seseorang dan untuk DP rumah.

Tidak boleh dipakai untuk biaya nikah ya! Mendingan menikah tanpa pesta daripada kamu memulai hidup pernikahan dengan hutang.

Jika dipakai untuk DP rumah, pastikan tidak semua tabungan kamu yang dipakai. Pakailah hanya 80% dari tabungan ini. Sisanya 20% untuk hal emergency yang lain. Bukan untuk renovasi rumah yang baru dibeli ya!

 

2. Gunakan Uang Pada Hal Yang Penting

Ini seperti yang kita bahas di poin pertama. Kamu telah bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan, kenapa malah menghabiskannya dengan membeli gadget terbaru?

Cobalah bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan kamu adalah memiliki alat komunikasi. Keinginan kamu adalah membeli alat komunikasi tercanggih. Jadi jika kebutuhan kamu tercukupi dengan alat komunikasi seharga satu juta rupiah, mengapa kamu membeli gadget dengan harga lima belas juta rupiah? Dengan mencicil lagi. Haduuhhh.

 

3. Persiapkan Masa Depan

Kamu harus memikirkan jangka panjang. Apa yang kamu persiapkan untuk 5, 10, atau 20 tahun mendatang? Bagaimana masa pensiun kamu? Jangan mengejar sesuatu yang tidak penting.

Periksalah tagihan-tagihan kamu. Jangan biarkan “kesenangan” sesaat mengganggu kehidupan kamu di masa mendatang. Apalagi demi gengsi. Gengsi tidak bisa membuat perut kenyang atau membayar biaya rumah sakit.

 

4. Tambah Nilai Kamu

Uang dihasilkan dari sesuatu yang bernilai. Tidak mungkin uang datang dari hal yang tidak bermutu. Tingkatkan nilai kamu. Mungkin dengan menambah ilmu dengan membaca buku.

Ya. Betul. Baca buku. Kapan terakhir kali kamu membaca buku yang menambah nilai diri kamu? Atau malah cuma membaca novel dan komik?

Ayo. Jangan menyalahkan bos yang hanya menggaji kamu segitu. Apa yang bisa kamu berikan lebih sehingga bos mau menggaji lebih?

time-is-money-affiliate indonesia

5. Investasi Dari Sekarang

Jangan menunda lagi. Mulailah sekarang. Tahukah kamu kalau poin nomor satu (menabung) adalah salah satu bentuk investasi?

Investasi bisa dilakukan oleh semua orang. Jika kamu mau berinvestasi di saham, pelajari mekanika pasar saham. Semua itu sudah tersedia dengan mudah di internet. Kamu tinggal Google saja.

Investasi yang lain pun bisa kamu pelajari dengan mudah. Luangkan waktu untuk mempelajari instrumen investasi yang kamu sukai.

 

6. Waktu Adalah Uang

Banyak yang menganggap konsep waktu adalah uang itu negatif. Mereka berpikir bahwa orang-orang demikian pasti hanya mengejar uang saja. Tidak bisa menikmati hidup.

Pendapat itu mungkin ada benarnya. Tetapi saya ingin mengajak kamu mengerti bahwa waktu adalah investasi yang terbaik jika kamu pergunakan dengan baik.

Atur waktu kamu berarti sama dengan mengatur keuangan kamu. Prioritaskan hal yang terpenting dan yang mendesak.

Waktu tidak akan pernah kembali. Itu sebabnya waktu adalah aset yang termahal. Semua orang mempunyai waktu 24 jam sehari. Bagaimana kamu menggunakannya akan menentukan keuangan kamu di masa mendatang.

 

Pola Pikir Yang Berubah

Bagaimana? Sudah siapkah kamu untuk berubah? Pola pikir yang benar akan membantu keuangan pribadi kamu. Jika dilakukan dengan benar maka masa depan kamu akan lebih terjamin. Ketersediaan dana akan memudahkan kamu untuk menikmati hari-hari yang lebih indah.

Jangan pernah menyalahkan orang lain untuk keadaan kamu sekarang. Apalagi menyalahkan Tuhan. Tidak. Semua yang kamu alami sampai saat ini adalah hasil keputusan kamu di masa lalu.

Jadi yang harus disalahkan adalah diri kamu sendiri.

Marah? Boleh kok. Yang penting sekarang kamu BISA mengubah masa depan kamu. Ambillah keputusan untuk memperbaiki keadaan.

Mulailah dengan membaca buku. Bukan novel melainkan BUKU. Tambahlah ilmu. Baca biografi orang-orang sukses. Cari tahu apa yang telah mereka lakukan untuk menjadi sukses. Tidak pernah ada sukses instan. Semua itu harus melalui proses. Jadi mulailah sekarang juga.

 

Mau memulai bisnis dan menambah penghasilan? Baca rekomendasi nomor satu saya!

 

Peluang usaha bisnis online