Persiapan Sebelum Berhenti Bekerja

Lakukan persiapan sebelum mengundurkan diri jika kamu berpikir untuk berhenti bekerja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Persiapan yang baik akan membuat perpisahan kamu jauh dari stress.

Banyak alasan mengapa orang mau mengundurkan diri dari pekerjaan yang sekarang. Ini beberapa alasan mengapa:

  • Mau kuliah lagi
  • Mau mengurus keluarga
  • Mau memulihkan kesehatan
  • Adanya indikasi pengurangan jumlah karyawan
  • Ingin mencoba tantangan terbaru
  • Posisi baru yang lebih tinggi dari posisi sekarang
  • Gaji yang lebih tinggi dari gaji sekarang
  • Mau memulai usaha sendiri
  • Dan masih banyak lagi alasan lain.

Persiapan Sebelum Mengundurkan Diri dan Keluar Dari Tempat Kerja

Mario Teguh mengatakan bahwa persiapan terbaik sebelum mengundurkan diri adalah menjadi karyawan teladan. Jadilah pribadi yang dirindukan oleh banyak orang dan perusahaan terdahulu.

Mulailah dari hal yang sederhana yang memastikan proses keluar Anda sangat lancar.

Tidak peduli apakah kamu keluar karena ketidaknyamanan kerja atau mencari peluang baru, kamu berhak untuk mendapatkan “closure”. Mungkin ini berarti kamu memastikan bahwa klien kamu akan ditangani dengan baik oleh penerusmu. Atau kamu membutuhkan waktu yang khusus untuk mengucapkan perpisahan dengan teman-teman kerja. Atau kamu bisa berbicara dengan atasan kamu untuk mendapatkan surat referensi kerja yang baik.

 

Ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum keluar dari tempat kerja. Tentunya secara etis dan terhormat.

  1. Siapkan Pendukung. Ini bukan berarti melakukan perang antar kubu. Ini berarti kamu membicarakan mengenai proses pengunduran diri dengan keluarga, teman dekat, bahkan dengan dokter kamu. Dukungan dan dorongan dari mereka akan sangat membantu ketika kamu meragukan keputusan mengundurkan diri.
  2. Atur keuangan kamu. Banyak orang melakukan kesalahan ini. Terutama mereka yang keluar dari pekerjaan karena emosi yang tidak terkendali. Kamu harus berpikir bagaimana menghidupi dirimu (dan keluarga) jika kamu keluar dari pekerjaan. Bahkan jika kamu mempunyai tabungan, emergency bisa terjadi kapanpun. Cari tahu bagaimana jika kamu membutuhkan suntikan dana pada saat tersebut.
  3. Buat kalendar kamu sendiri. Selesaikan pekerjaan kamu di perusahaan sekarang. Kamu tidak mau perusahaan baru mendengar betapa tidak bertanggung jawabnya kamu pada saat keluar dari tempat kerja sebelumnya. Percayalah. Berita akan sampai ke tempat kerja baru kamu. Daripada berita buruk yang sampai, lebih baik berita bagus yang memberitahukan betapa kamu telah menyelesaikan pekerjaan dengan baik.Gunakan fasilitas berobat sebelum mengundurkan diri
  4. Pakai fasilitas kamu. Jika kamu mempunyai fasilitas kacamata dan kesehatan gigi, pakailah sekarang. Jika masih ada cuti yang belum terpakai (dan tidak bisa diganti dengan uang), berliburlah sekarang. Bukan untuk mengambil keuntungan. Fasilitas yang diberikan memang merupakan hak kamu untuk dipakai.
  5. Pakailah sedikit waktu untuk merapikan file kamu. Setiap akhir hari, rapikan sedikit demi sedikit. Hal ini berguna bagi pengganti kamu untuk mencari file yang dibutuhkan. Masa masih mau ditelepon oleh perusahaan lama untuk menanyakan file yang sulit dicari? Perusahaan baru bisa curiga kalau kamu ditawari pekerjaan lama lagi.
  6. Berbenah ringan. Mulailah dengan berbenah sedikit demi sedikit. Bawalah pulang snack, kenang-kenangan, gelas, piring, dll yang ada di dalam laci pribadi kamu. Tinggalkan barang yang besar untuk hari terakhir.
  7. Persiapkan daftar nama. Buatlah daftar dari nama-nama rekan kerja, klien, dan supplier. Setelah kamu memberikan surat pengunduran diri, kamu bisa mengontak mereka dan memberitahu keputusan kamu untuk berhenti bekerja.
  8. Buat daftar portfolio. Anda perlu menginventaris semua portfolio Anda. Tetapi jangan membawa serta proposal, kontrak dan dokumen-dokumen internal lainnya. Pastikan dengan atasan kamu, portfolio mana yang bisa dibawa. Prestasi kamu di kantor lama adalah hak kamu.

 

Bagaimana jika Boss memberikan penawaran tandingan?Nego gaji sebelum mengundurkan diri

Hal ini sering sekali terjadi ketika seorang Boss memberikan tawaran tandingan. Boss bersedia memberikan kenaikan gaji dan fasilitas tambahan.

Tentunya tawaran tersebut membuat kamu menjadi semakin bingung. Jika alasan utama kamu keluar dari tempat bekerja yang sekarang adalah uang, maka sebaiknya kamu meminta kenaikan gaji terlebih dahulu. Jangan mencari pekerjaan baru atau bahkan sampai menerima pekerjaan baru tersebut.

Tetapi biasanya alasan orang untuk keluar dari pekerjaan sangat banyak. Uang bukanlah satu-satunya alasan. 9 dari 10 kejadian, walaupun sangat menarik, tawaran tandingan tidak layak untuk diambil.

Bahkan jika kamu ambil, perasaan kamu akan berubah. Perusahaan dan kamu telah merasakan “penolakan” dari kedua belah pihak.   

 

Pertimbangan terakhir sebelum mengundurkan diri

Persiapan sebelum mengundurkan diri bukanlah hal negatif yang harus dihindari. Perlakukanlah sebagai persiapan babak baru dari kehidupan kamu. Keluarlah dengan anggun.

Jangan tergesa-gesa. Beritahukan ke HRD kapan kamu ingin keluar. Berikan waktu kepada HRD untuk mencari pengganti kamu.

Jangan bakar jembatanmu! Persiapkan keuangan kamu dengan baik. Hal ini sangat penting. Kamu mungkin bisa menahan lapar, tetapi tukang tagih tidak. Tagihan akan terus datang. Apalagi jika harus ada emergency. Jadi persiapkan keuangan kamu dengan baik!

Jika kamu mencari peluang usaha online, bacalah rekomendasi #1 saya.

Bagaimana pendapat kamu?

Apa alasan kamu keluar dari tempat bekerja sekarang? Apa persiapan sebelum mengundurkan diri yang kamu lakukan? Bagikan dengan saya di bawah ini.

 

Peluang usaha bisnis online