Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71

 

Indonesia akan merayakan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 pada tahun 2016 ini. Indonesia sudah mengalami kemajuan yang sangat luar biasa sejak proklamasi kemerdekaan kita.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah merdeka? Terutama di bidang finansial. Kita akan bersama-sama lihat di bagian bawah nanti.SELAMAT ULANG TAHUN REPUBLIK INDONESIA

Apa Arti Pentingnya Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia?

  1. Kemerdekaan diperoleh dengan berjuang. Bukan merupakan pemberian. Jepang waktu itu berjanji akan memberikan kemerdekaan. Tetapi Jepang menyerah kepada sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Para pemuda waktu itu mendesak Bung Karno dan Bung Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
  2. Hasil dari semangat Sumpah Pemuda 1928. Indonesia benar-benar bersatu. Para pemuda mengesampingkan segala perbedaan, baik itu suku, ras, agama, dan aliran kepercayaan. Mereka percaya Indonesia adalah bangsa yang satu.
  3. Indonesia menolak segala bentuk penjajahan. Ini pun tertuang pada Pembukaan UUD 1945. “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”
  4. Merupakan permulaan babak baru bagi bangsa Indonesia. Indonesia berubah status menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat. Pengakuan dari bangsa-bangsa di seluruh dunia segera berdatangan. Hal ini membuat Belanda kewalahan untuk mengklaim kembali wilayah Indonesia sebagai salah satu negara jajahannya.

 

Ciri-Ciri kamu Masih Terjajah

  • Sumber bahan baku murah. Kamu menjadi tenaga kerja yang sangat murah dibayar. Ini bukan berarti kamu diperah. Tetapi lebih kepada rendahnya daya tawar kamu. Kamu tidak bisa “menjual” diri kamu dengan harga mahal. Itu sebabnya pendidikan sangat penting.
  • Mudah diadu domba Masih Mau diadu Domba-Affiliate Indonesiaatau ditipu. Ini berkaitan kembali dengan pendidikan. Masih banyak rakyat Indonesia yang tidak mengenyam pendidikan dengan baik. Mereka lebih percaya kepada takhayul dan berita gosip. Berita hoax tidak pernah dicek ulang tetapi langsung di-share. Saat ini media sosial penuh dengan berita hoax yang bertujuan untuk menjatuhkan seseorang atau lembaga tertentu.
  • Ekonomi gali lubang tutup lubang. Apakah kamu masih bergaji 5 koma? Pas tanggal lima sudah koma keuangan kamu? kamu mencari pinjaman ke sana-sini untuk memenuhi kebutuhan hidup. (KTA bukan solusi). Ini pun berkaitan dengan pendidikan. Secara spesifik adalah pendidikan finansial.
  • Lebih menyukai produk dan bahasa asing. Bukan saya melarang kamu untuk menguasai bahasa asing. Saya sendiri menguasai bahasa Inggris dan Mandarin. Ini lebih ke arah mental yang mengatakan bahwa bangsa Indonesia belum bisa apa-apa. Bangsa Indonesia sudah sangat hebat.
  • Kreatifitas dikekang.Ingat tentang kejadian kreatifitas rebranding monitor bekas menjadi TV yang malah dipidanakan? Lihat berita di KompasSaya benar-benar terkejut dengan kejadian ini. Ternyata mental penjajah malah dianut oleh bangsa kita sendiri. Kita dijajah oleh bangsa sendiri. Seharusnya Pak Kusrin dibina dengan baik. Diberitahu kalau Ia harus mendaftarkan karyanya. Ambil sertifikasi SNI. Dan banyak hal lainnya.

 

Apa Artinya Kemerdekaan Bagi kamu?

Kemerdekaan waktu. Waktu adalah aset yang paling berharga. Setiap orang mempunyai waktu yang sama. Sehingga tidak ada alasan yang mengatakan bahwa dia tidak mempunyai waktu untuk memperjuangkan kemerdekaannya.

Saya menginginkan banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman-teman. Saat ini saya lebih banyak menghabiskan waktu di pekerjaan. Bahkan dalam waktu 24 jam sehari, saya hanya bertemu anak saya selama 4 jam per hari. Itu pun jika anak saya cukup kuat untuk menahan kantuk. Kami hanya bisa bermain sampai pk 22:00.

 

Kemerdekaan finansial. Ini yang paling mengkhawatirkan. Banyak orang yang “terjajah” oleh gajinya. Saat ini dirasa kurang tetapi tidak berani untuk meninggalkannya. Dilema kenyamanan yang menyakitkan.

Meminta gaji yang lebih tinggi juga bukan merupakan solusi. Robert T Kiyosaki akan menganjurkan kamu untuk menambah pemasukan. Mulailah berbisnis. Bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu.

Tetapi sebelum memulai berbisnis, ambillah kelas pendidikan finansial. Sayangnya kelas pendidikan finansial tidak tersedia banyak di Indonesia. Langkah yang paling mudah adalah mulai dengan membaca buku Robert T Kiyosaki, Rich Dad Poor Dad. Bukalah mata finansial kamu.

 

Kemerdekaan kesehatan. Saya menyukai langkah yang diambil oleh pemerintah saat ini. Mereka memberikan Jaminan Kesehatan bagi rakyat miskin. Buat saya, kesehatan adalah nomor satu. Jika kita tidak sehat, bagaimana bisa bekerja? Bagaimana bisa berkarya?

Walaupun demikian, secara keseluruhan kesehatan masih mahal. Saya pernah dioperasi batu ginjal dan itu sangat mahal. Puluhan juta rupiah di Rumah Sakit swasta. Asuransi dari kantor tidak menutup seluruh biaya. Untung pemilik perusahaan tempat saya bekerja mau menanggung sisanya.

Apakah kamu masih No Smoking Pleaseterjajah oleh rokok? Segera bebaskan diri kamu. Kalau perlu, mintalah pertolongan dari profesional.

Kurangi konsumsi gula. Gula yang terlalu banyak akan menarik berbagai penyakit. Makanlah makanan yang alami, bukan hasil proses.

Kamu harus segera melindungi diri kamu. Belilah asuransi. Tetapi jangan asal beli. Mulailah dari kebutuhan kamu. Apakah butuh asuransi kesehatan atau asuransi jiwa? Atau gabungan dari beberapa pilihan? Jika perlu informasi lebih lanjut mengenai asuransi, silahkan hubungi saya.

 

Kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab. Ini yang sangat keblinger saat ini. Media sosial memberikan akses yang luar biasa. Setiap orang dapat memberikan pendapatnya. Tetapi setiap orang juga bisa memberikan sanggahan.

Saya melihat betapa sengitnya “kebebasan berpendapat” pada saat Pemilu Presiden 2014. Sayangnya banyak yang tidak bertanggung jawab dalam berpendapat. Mereka memberikan opini tanpa didukung oleh fakta yang benar. Hanya emosi belaka. Dan hal itu pun memancing emosi pihak yang merasa dirugikan.

Jadilah orang yang bijak dalam berbicara. Saya sendiri berusaha selalu mengikuti prinsip ini THINK.

  • True. Apakah benar beritanya?
  • Helpful. Apakah berguna bagi orang lain?
  • Inspiring. Apakah dapat menginspirasi orang lain?
  • Necessary. Apakah benar-benar perlu untuk disebar?
  • Kind. Apakah ini menunjukkan kebaikan hati?

Jika salah satu dari pertanyaan di atas dijawab dengan TIDAK, maka sebaiknya kita tidak perlu berbicara lebih lanjut.

 

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Saya berharap kamu memakai momentum peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 ini. Pikirkan kemerdekaan kamu. Apakah kamu masih terjajah secara fisik? Terjajah secara pendidikan? Terjajah oleh pola pikir lama?

Saya rasa penjajahan secara fisik sudah tidak ada. Yang ada adalah kita terjajah oleh pola pikir yang lama. Pola pikir yang mengatakan bahwa menjadi karyawan itu aman. Pola pikir yang mengatakan bahwa bisnis sangat beresiko. Pola pikir yang mengatakan bahwa orang kaya itu serakah dan jahat. Ubahlah itu semua.

Mulailah berolahraga secara rutin. Hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah berjalan dengan lebih cepat. Usahakan agar kamu berkeringat setiap kali kamu jalan. Kalau memungkinkan, daftarlah di gym. Pakailah Personal Trainer untuk membantu kamu fokus dalam berolahraga.

Jadilah orang yang mau mempelajari hal-hal baru. Jangan takut mencoba.

Semoga kamu bisa ikut merayakan kemerdekaan pribadi dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Peluang usaha bisnis online