Banyak sekali orang yang bingung dengan istilah MLM, Network Marketing dan Affiliate Marketing. Mereka tidak dapat membedakan yang satu dengan yang lainnya.  Ketiga model bisnis ini benar-benar berbeda.

Istilah ketiganya sering kali menjadi tumpang tindih dan pengertiannya menjadi kabur dan tidak jelas. Saya coba menjelaskan perbedaan ketiganya dalam tulisan yang singkat ini.

Fungsi Marketingaffiliate indonesia

Kita kembali ke paling dasar terlebih dahulu. Ketiga istilah tersebut menggunakan kata marketing. Apa sih marketing itu? Marketing atau pemasaran adalah upaya yang dilakukan untuk mempertemukan kebutuhan orang dengan produk yang ada, baik itu jasa maupun barang. Tentunya dengan imbalan keuntungan finansial dalam pertemuan tersebut.

Multi Level Marketing (MLM)

MLM sudah lama berkeliaran di Indonesia. Banyak perusahaan menggunakan prinsip MLM untuk menjalankan bisnisnya. Sebenarnya apa sih MLM itu? Mengapa kredibilitas MLM sangat diragukan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya?

Banyak orang kalau ditawari bisnis, pertanyaan pertama yang diajukan adalah: Apakah ini MLM? Sungguh miris nasib MLM di Indonesia ini.

MLM atau Multi Level Marketing adalah salah satu jenis pemasaran yang menggunakan model berjenjang dalam membagikan keuntungan pemasarnya. Biasanya yang berada di jenjang tertinggi menikmati keuntungan terbesar.

Pada sistem MLM, Anda merupakan bagian dari perusahaan yang besar. Anda membeli produk dari supplier dengan jumlah diskon tertentu dan Anda memasarkan produk itu dengan harga lebih tinggi. Jika ada yang tertarik juga untuk memasarkan produk tersebut, Anda  bisa menjualnya dengan harga lebih murah tetapi bukan harga dasar Anda.

Maksudnya, Anda bisa membeli produk dari supplier dengan diskon sebesar 20% tetapi Anda menjual ke “down line” Anda dengan diskon hanya sebesar 7%. Anda   menikmati keuntungan sebesar 13% dari omzet “down line” Anda.

Prinsip utama yang dipegang oleh MLM adalah system duplikasi yang mudah. Semakin mudah menduplikasikan pemasaran, semakin besar keuntungan yang diterima.

Sayangnya kelemahan MLM adalah Anda  harus mengambil produk dalam jumlah yang sangat besar. Supplier baru memberikan diskon terbesar jika Anda  mengambil produk yang cukup banyak. Hal ini mendorong orang untuk menjadi stocker.

Anda boleh melihat rekomendasi nomor satu saya.

Network Marketingmeeting new people

Istilah ini sering digunakan oleh perusahaan MLM untuk menghindari stigma negative terhadap MLM. Padahal Network Marketing sama sekali berbeda dengan MLM.

Istilah Network Marketing pertama kali disebut oleh John Nesbit di dalam bukunya Megatrends. Di dalam buku itu, beliau memprediksi bahwa dunia kita walaupun semakin canggih, akan lebih banyak konsumen yang menggantungkan koneksi yang personal dalam mengambil keputusan.

Intinya, informasi yang berlebihan yang ada di pasar membuat orang akan menyaring informasi berdasarkan orang-orang di lingkungannya. Hal ini menyebabkan kemampuan personal seperti komunikasi, kemampuan mendengar, memecahkan masalah dan berbicara di muka umum menjadi sangat penting.

Jadi Network Marketing adalah upaya pemasaran melalui jaringan personal yang bersifat pribadi dan dekat.

Sangat penting untuk diingat bahwa Network Marketing bukan hanya dijalankan oleh MLM saja. Perusahaan Real Estate dan asuransi juga menggunakan prinsip ini.

Silahkan lihat rekomendasi nomor satu saya.

Affiliate Marketing

Mungkin Anda   baru pertama kali mendengar istiliah ini. Karena memang Affiliate Marketing tidak terlalu terkenal di Indonesia. Dan ini membuat peluang Affiliate Marketing sangat terbuka lebar.

Affiliate Marketing benar-benar berbeda dengan MLM ataupun Network Marketing. Anda  tidak perlu membeli produk apapun untuk mendapatkan keuntungan. Lalu dari mana keuntungan didapatkan?

Di Affiliate Marketing, Anda   hanya bertugas sebagai corong suara saja atau menjadi papan iklan. Anda bekerja dengan mengarahkan orang lain yang mencari barang tertentu. Jika orang tersebut membeli barang karena rekomendasi Anda, Anda akan mendapatkan komisi. Komisi akan didapat satu kali saja.agree on transaction

Affiliate Network atau Program merupakan cara TIDAK CEPAT untuk mendapatkan uang. Jadi jika ada yang menggunakan pendekatan cepat kaya, tinggalkan segera.

Anda harus membangun hubungan dengan calon pembeli. Tujuannya agar pembeli mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari Anda. Hal ini akan menyebabkan timbulnya loyalitas sehingga calon pembeli akan setuju membeli melalui link yang Anda berikan.

Ini merupakan rekomendasi nomor satu saya.

Kesimpulan

Multi Level Marketing dan Network Marketing adalah program pemasaran yang langsung menjual barang dan jasa kepada konsumen. Member dari MLM dan Network Marketing mendapatkan diskon produk berdasarkan jumlah produk yang dijual (atau dibeli untuk dijadikan stok?)

Affiliate Marketing adalah “iklan” yang memberitahu orang di mana untuk membeli produk. Biasanya setelah membaca ulasan tentang kebaikan dan kekurangan dari produk tersebut. Seorang affiliate akan mendapatkan komisi jika terjadi transaksi.

Rekomendasi Saya

Banyak sekali program afiliasi di luar sana. Anda perlu melihat rekomendasi Nomor 1 saya. Boleh dibilang hampir tidak ada program afiliasi yang gratis.  Tetapi rekomendasi Nomor 1 saya benar-benar 100% gratis untuk bergabung dan menghasilkan uang.

Hanya jika Anda tertarik maka Anda boleh langsung mendaftar di Wealthy Affiliate!

Sampai jumpa di kesuksesan!

Peluang usaha bisnis online, Affiliate Indonesia