Penipuan Bisnis Online

Bisnis online semakin menjamur di era internet data cepat. Sayangnya penipuan melalui internet pun juga berkembang biak dengan cepat. Kita harus semakin waspada dan jangan tergiur oleh iming-iming cepat kaya.

Saya berharap kita dapat lebih hati-hati. Saya sendiri sudah tertipu berkali-kali pada waktu saya masih hijau. Tidak mudah membedakan mana penawaran yang asli dan mana yang penipuan. Melalui artikel ini, saya berharap kita dapat mengidentifikasi penipuan bisnis online dengan lebih mudah.

 

Penipuan Lewat Email

Penipuan lewat email adalah penipuan pertama yang saya temui ketika terjun di dunia internet. Saya masih sekolah waktu itu. Untung saja keterbatasan bahasa Inggris saya membuat saya lolos dari penipuan seperti ini.

Sesaat setelah email penipuan pertama itu, semakin banyak lagi email-email yang masuk dengan tema yang sama. Spam filter belum ada sehingga email saya segera penuh.

Tema utama dari email tersebut adalah seorang bankir atau pengacara yang mewakili seorang klien yang sangat kaya. Klien tersebut tewas karena kecelakaan pesawat terbang atau kecelakaan lain. Yang pasti kecelakaan tersebut akan dapat kamu cek kebenarannya.

Klien tersebut meninggal tanpa mempunyai seorang ahli waris pun. Bankir atau pengacara ini akan menawarkan kerjasama agar kita mau mengaku sebagai ahli waris dari kliennya. Tujuannya agar dapat mencairkan rekening klien yang mempunyai nominal bisa mencapai jutaan dollar. Kita akan ditawari pembagian sebesar 50% jika setuju.

Lebih hebatnya lagi, bankir atau pengacara yang mengirim email tersebut pun dapat kamu cari berita kebenarannya.

Ini contoh email penipuan yang sering saya dapati.

email-scam-1-affiliate indonesia

email-scam affiliate Indonesia

Ada juga penipuan yang mengatasnamakan institusi keuangan yang sah. Saya pernah mendapat email yang mengaku dari BCA (lokal) ataupun dari Paypal dan eBay (luar negeri).

Ini contoh isi email yang mengaku dari Paypal.

“Dear PayPal account holder PayPal is constantly working to ensure security by regularly screening the accounts in our system. We have recently determined that different computers have tried logging into your PayPal account, and multiple password failures were present before the logons. Until we can collect secure information, your access to sensitive account features will be limited. We would like to restore your access as soon as possible, and we apologize for the inconvenience. Download and fill out the form to resolve the problem and then log into your account.”

Formulir yang terlampir akan menanyakan personal data yang terlalu detail. Personal data itu akan digunakan penipu untuk menguras keuangan kamu. Jika ragu dengan email seperti ini, langsung saja masuk ke website asli dengan mengetik alamat URL yang benar. JANGAN klik link yang ada di email.

Selain itu saya sering mendapatkan email penipuan seperti ini juga. Saya mempunyai keahlian dalam hal SEO. Ketika saya membaca email ini, saya tertawa terbahak-bahak. Mana mungkin orang tidak bisa menemukan website saya sehingga harus menggunakan jasa mereka.

email-scam-domain affiliate indonesia

 

Penipuan Melalui Internet

Penipuan melalui internet berkaitan erat dengan penipuan melalui email. Jika kamu klik link dari sebuah email, ada kemungkinan kamu akan mendarat di sebuah website yang sangat bagus.

Website ini didesain dengan sangat bagus dan memberikan penawaran yang sangat menarik. Saya lebih banyak terjebak di model penipuan seperti ini.

Mereka menawarkan produk yang sepertinya bisa membantu saya mendapatkan kekayaan dengan cepat. Siapa yang tidak mau?

Contoh website yang harus diwaspadai adalah Smash Fund dan MMM (Mavrodi Mondial Moneybox).

 

Penipuan MMM Indonesia?

Saya sangat tidak suka dengan model penawaran bisnis yang tidak jelas seperti MMM (Mavrodi Mondial Moneybox) Indonesia. Mereka menawarkan keuntungan sebesar 30% hanya dengan menyetorkan uang. Tidak pernah dijelaskan secara gamblang bagaimana keuntungan 30% itu didapat.

Teman saya pernah menjelaskan konsep MMM Indonesia ini. Ia menyebutnya sebagai arisan. Kalau saja ia menyebutnya sebagai bisnis, tingkat alarm saya akan sangat tinggi. Tetapi dia menyebutnya sebagai arisan gotong royong. Saya sedikit melonggarkan tingkat waspada saya.

Cara MMM Indonesia menggunakan kata gotong royong sangat ampuh. Gotong royong sudah sangat mengakar di budaya Indonesia. Walau sudah terkikis oleh materialisme, tetapi pada dasarnya gotong royong adalah budaya Indonesia.

MMM mengikuti pendekatan ini. Untuk bergabung dengan MMM, kamu cukup mengisi formulir di websitenya dan menyetorkan sejumlah dana. Jumlahnya terserah. Ini disebut PH (Provide Help).

hati-hati-penipuan-bisnis-online

Konsep MMM

MMM adalah komunitas yang saling memberikan bantuan keuangan. Jika kamu mempunyai ide bisnis dan kekurangan modal untuk menjalankan ide tersebut, MMM akan memberikan modalnya.

Dari mana modalnya? Dari “arisan” anggota MMM yang ada. Member MMM yang banyak akan Provide Help dengan memberikan “sumbangan” dana yang mereka miliki. Pemberian sumbangan akan bisa melebihi permintaan kamu. Itu sebabnya kamu akan mendapat “untung”.

Di dunia yang utopia, ide ini akan berjalan dengan baik. Ide bisnis akan bisa benar-benar menjadi bisnis. Keuntungan yang ada akan bisa dikembalikan ke member MMM yang lain.

Sayangnya dunia kita adalah dunia yang serakah. Siapa saja bisa bergabung dan bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus mempunyai ide bisnis. Alarm skema Ponzi saya menyala.

Yang menjadi member di belakang akan merana.

Keuntungan member yang bergabung di awal berasal dari member yang bergabung belakangan. Ini adalah intisari dari skema Ponzi.

MMM sepertinya adalah mengambil skema piramida yang digagas Ponzi. Saya merekomendasikan kamu untuk menghidari MMM.

 

Penipuan Smash Fund?smashfund-logo-scam-review

Satu lagi yang saya temukan adalah Smash Fund. Smash Fund adalah platform media sosial yang bertujuan untuk “gotong royong” dalam hal keuangan. Mirip dengan MMM tetapi Smash Fund mengklaim bahwa dia lebih mirip Facebook dengan fitur berbagi modal keuangan.

Kamu bisa membaca lebih lengkap analisa saya di sini.

 

Penipuan Non Online

Sayangnya di Indonesia masih banyak orang yang percaya bahwa kekayaan bisa didapat dengan mudah. Kasus terbesar yang terkini adalah kasus penggandaan uang oleh Kanjeng Dimas Taat Pribadi.

Penipuan ini mulai terbongkar karena adanya kasus pembunuhan yang terjadi di padepokan Kanjeng Dimas. Status kasus ini masih dalam taraf penyidikan tetapi Kanjeng Dimas Taat Pribadi telah ditetapkan sebagai tersangka.

Banyak orang yang terpengaruh untuk memberikan mahar. Mulai dari jutaan rupiah sampai milyaran rupiah. Bayangkan saja berapa banyak yang telah dikeruk oleh Taat Pribadi. Anggotanya telah mencapai 3.000 orang lebih. Itu kalau dikali 1 juta rupiah saja telah mencapai 3 Milyar. Banyak kan? Tidak heran ada upaya untuk pembungkaman mulut supaya aksi penipuan ini tidak terbongkar.

 

Cara Mencegah Penipuan Online

Lalu bagaimana kita dapat mencegah penipuan online yang menyerang kita bertubi-tubi? Ini lah cara mengidentifikasi penipuan:

  1. Tingkat pengembalian yang tinggi. Iming-iming yang muluk. Biasanya mereka akan memberikan penawaran yang luar biasa. Penawaran yang membuat mata kita terbelalak tidak percaya. Mereka menjanjikan keuntungan yang sangat tinggi. Jauh lebih tinggi daripada tingkat investasi bisnis sah manapun. Jika sudah menawarkan tingkat pengembalian di atas 10% p.a., kamu harus segera menghindari investasi ini.
  2. Waktu pengembalian yang singkat. Selain tingkat keuntungan yang tinggi, penipu akan menjanjikan waktu pengembalian modal yang sangat cepat. Mengambil contoh di nomor satu, tingkat pengembalian 10% dalam waktu satu tahun adalah hal yang wajar. Lebih cepat dari satu tahun? Anda sudah harus hati-hati. Para pemain pasar modal tentunya tidak setuju dengan argumen saya yang ini. Mereka akan mengatakan bahwa 10% dalam sebulan adalah hal yang wajar. Saya setuju tetapi pasar modal adalah investasi dengan tingkat resiko yang cukup tinggi. Hal ini membawa kita ke nomor 3.
  3. Tingkat resiko yang sangat rendah. Para penipu akan berusaha meyakinkan kamu bahwa investasi yang mereka tawarkan sangatlah aman. Mereka memberikan “bukti” orang-orang yang sudah menikmati keuntungan.
  4. Otomatis. Kamu tidak perlu mengerjakan apa-apa. Padahal yang gratis di dunia ini adalah udara dan sinar matahari. Tidak akan ada orang yang akan memberikan Mobil Mewah atau Kapal Pesiar kepada kamu secara cuma-cuma. Yang benar adalah otomatis kamu memberikan kekayaan kepada para penipu.

Untuk memilih investasi yang BENAR, kamu perlu memperhatikan tabel di bawah ini.

Penipu akan mengatakan bahwa:

  • Keuntungan Tinggi
  • Waktu Cepat
  • Resiko Rendah

 

Jenis Investasi

Keuntungan Waktu

Resiko

Aman

Rendah

Lama

Rendah

Menengah

Menengah Menengah

Menengah

Beresiko Tinggi Cepat

Tinggi

Hal ini tidak ada di tabel yang telah disajikan.

 

Kata Penutup

Jangan mudah termakan rayuan gombal. Penipuan bisnis secara online sangat marak. Saya berharap kamu lebih hati-hati terhadap penipuan lewat email maupun lewat internet. Setiap penawaran yang sepertinya terlalu bagus untuk jadi kenyataan adalah demikian. Cukup menjadi mimpi saja. Tidak ada makan siang gratis. Semua bisnis harus membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga dan uang. Kalau kamu ingin mengetahui bisnis online yang benar dan legal, check di sini.

 

Peluang usaha bisnis online