OJK Merilis Nama-Nama Perusahaan Investasi Ilegal

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja mengumumkan daftar perusahaan investasi ilegal. Affiliate Indonesia sangat bersyukur karena analisa yang selama ini diberikan telah benar.

Alasan Mengapa Ilegal?

OJK memberikan panduan kepada masyarakat untuk waspada terhadap janji-janji investasi. Terutama yang memberikan hasil imbal balik yang tinggi.

Masyarakat harus melakukan investigasi dan menggunakan panduan ini:

  1. Memastikan perusahaan yang menawarkan investasi tersebut memiliki izin usaha dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.
  2. Memastikan bahwa pihak yang menawarkan produk investasi, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar.

Tetapi langkah tersebut sangat sulit dilakukan apalagi jika janji keuntungan sangat menggiurkan.

 

Masyarakat Harus Lebih Waspada

Kalau dilihat dari langkah awal yang diberikan oleh OJK, maka jenis investasi yang memberikan imbal hasil tinggi belum tentu ilegal.

Jika perusahaan tersebut bisa memiliki izin usaha dari otoritas yang berwenang, maka OJK tidak bisa melakukan tindakan.

Demikian juga dengan produk investasi yang dijual. Produk investasi yang telah memiliki izin akan dengan mudah beredar dan dipasarkan oleh mitra penjual.

Tentunya untuk mengeluarkan izin usaha ataupun izin penjualan, pemerintah dan OJK menerapkan standar yang cukup tinggi.

 

Nama-Nama Perusahaan Investasi Ilegal

Inilah keenam perusahaan yang termasuk dalam daftar ilegal:

  1. PT Compact Sejahtera Group, Compact500 atau Koperasi Bintang Abadi Sejahtera atau ILC
  2. PT Inti Benua Indonesia
  3. PT Inlife Indonesia
  4. Koperasi Segitiga Bermuda/Profitwin77
  5. PT Cipta Multi Bisnis Group
  6. PT Mi One Global Indonesia

 

PT Compact Sejahtera Group, Compact500 atau Koperasi Bintang Abadi Sejahtera atau ILC

Perusahaan beralamat di Jalan compact 500 investasi ilegal affiliate indonesiaRaya Cicadas RT/RW:001/003, Cicadas, Gunung Putri, Kab. Bogor, Jawa Barat. Komunitas ini telah memiliki badan hukum Perseroan Terbatas yaitu PT Compact Sejahtera Group. (Hati-hati ya!)

Pada 10 November 2016, sesuai dengan hasil rapat 22 September 2016, PT Compact Sejahtera Group telah menyampaikan surat pernyataan yang menyatakan telah menghentikan seluruh kegiatannya karena tidak sesuai dengan izin yang dimiliki. Saat ini PT Compact Sejahtera Group sudah menjadi Koperasi Bintang Abadi Sejahtera.

 

PT Inti Benua Indonesia

Perusahaan beralamat di Jalan M. Yusuf Raya I . Kav. 38A. Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Awalnya IBIS54Pro berada di bawah naungan PT Benua Ozon Solusindo.

Program Hak Guna Pakai produktif sudah berjalan semenjak tahun 2011 di Medan. PT Inti Benua Solusindo merupakan credit company yang memiliki sistem bernama “IBIS54 PRO”. IBIS54 PRO ini adalah program hak guna pakai (HGP) dengan hanya mengeluarkan biaya down payment (DP) sebesar 54% dari harga on the road (OTR) dan konsumen dapat menggunakan motor atau mobil yang diinginkan tanpa cicilan bulanan, tanpa bayar pajak dan asuransi tetap.

Kegiatan yang dilakukan PT Inti Benua Indonesia adalah kegiatan yang menyerupai dengan lembaga pembiayaan sehingga diperlukan izin untuk melakukan kegiatan tersebut.

 

PT Inlife Indonesia

Perusahaan beralamat di Jl Mega inlifeindonesia investasi ilegal affiliate indonesiaKuningan Lot 5.1, Menara Rajawali, Kuningan Timur, Setia Budi Jakarta Selatan.

Investasi Inlife adalah program investasi dengan modal minimal Rp.1.000.000,- dalam jangka waktu tujuh hari dengan komisi 15-25%, diterima setiap tujuh hari sebesar 15% ditambah dengan dana awal dan akan langsung ditransfer ke rekening nasabah. Jadi, total dana yang akan diterima dalam jangka waktu tujuh hari sebesar Rp.1.150.000,-. Profit Investasi InLife mengelola dana dalam tiga bidang usaha yaitu : Saham, Reksa Dana, Obligasi dan Pasar Uang (bekerjasama dengan beberapa perusahaan asing), Perumahan, Ruko dan Tanah Kavlingan, Logam Mulia, Forex, Ekspor serta Impor.

PT Inlife Indonesia di dalam situsnya telah mencantumkan logo, Otoritas Jasa Keuangan, Bappebti, Bapepam-LK, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tanpa izin. Selain itu, menyebutkan bahwa PT Inlife Indonesia mendapatkan izin operasi dari Bapepam-LK.

Berdasarkan informasi yang didapat oleh Satgas Waspada Investasi, PT Inlife Indonesia tidak terdaftar di OJK, Bappebti ataupun BKPM.

 

Koperasi Segitiga Bermuda/ Profitwin77

Perusahaan beralamat di Ruko Citraland, Profitwin77 investasi ilegal affiliate indonesiaBlok L/22, Gowa, Sulawesi Selatan.

ProfitWin77 merupakan bagian dari Gilang Gemilang Group (GGG) yang berpusat di Makassar. Bisnis GGG terdiri dari: Koperasi Segitiga bermuda, Profitwin77, dan shopping 77.

Saat dilakukan konfirmasi oleh Satgas Waspada Investasi, pengurus Koperasi Segitiga Bermuda tidak hadir untuk dapat melakukan klarifikasi legalitas kegiatan usaha perkoperasian.

 

PT Cipta Multi Bisnis Group

Perusahaan beralamat di Jalan Raya Ancol RT/RW : 006/002, Kel. Sukamanah, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

PT Cipta Multi Bisnis Grup adalah supplier material pembangunan jalan tol, pembiayaan apartemen, pengiriman uang, dan pembiayaan jual beli kendaraan bermotor dan telah mengumpulkan anggota sebanyak 1.700 (seribu tujuh ratus) investor. Adapun jumlah dana yang dihimpun sebesar lebih dari Rp850.000.000. Dari sejumlah anggota di atas, sebanyak sekitar 400  investor sudah selesai masa kontrak investasinya dengan PT Cipta Multi Bisnis Group.

Berdasarkan rapat 27 Desember 2016, Direktur dan Komisaris dari PT Cipta Multi Bisnis Group membuat surat pernyataan yang menyatakan bahwa :

  1. menghentikan segala kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan tidak melakukan perekrutan anggota lagi mulai 27 Desember 2016 karena tidak memiliki izin sesuai dengan ketentuan peraturan perudang-undangan yang berlaku.
  2. meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat mengetahui pernyataan ini dan berhati-hati apabila ada penawaran sejenis yang mengatasnamakan PT Cipta Multi Bisnis Group yang menghimpun dana.
  3. mengembalikan semua dana yang dihimpun dari investor PT Cipta Multi Bisnis Group paling lambat 28 Februari 2017.
  4. Apabila di kemudian hari PT Cipta Multi Bisnis Group melakukan kegiatan penghimpunan dana masyarakat sebelum mendapatkan izin dari otoritas yang berwenang, Fitriyani (Direktur) dan Turmidi (Komisaris) bersedia untuk ditindak oleh aparat penegak hukum.

 

PT Mi One Global Indonesia

Perusahaan beralamat di Gedung Wisma Mitra Sunter, Tower B. Lt.7 Ruang 701, Jalan Yos Sudarso Kav. 89, Boulevard Mitra Sunter, Jakarta.

Satgas Waspada Investasi mengundang PT Mi One Global Indonesia dan meminta pengurus dari PT Mi One Global Indonesia untuk menandatangani surat pernyataan yang berisi :

  • menghentikan kegiatan jual beli pulsa elektronik dan token listrik dan tidak melakukan perekrutan member lagi mulai 19 Desember 2016 karena tidak memiliki izin sesuai dengan ketentuan peraturan perudang-undangan yang berlaku.
  • meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat mengetahui pernyataan tersebut dan berhati-hati apabila ada penawaran sejenis yang mengatasnamakan PT Mi One Global Indonesia yang menghimpun dana.
  • Apabila di kemudian hari PT Mi One Global Indonesia melakukan kegiatan jual beli pulsa elektronik dan token listrik sebelum mendapatkan izin, Direktur PT Mi One Global Indonesia bersedia untuk ditindak oleh aparat penegak hukum.

 

Kesimpulan

Banyak orang melakukan investasi mengharapkan imbal balik yang cukup tinggi. Hal ini ditangkap sebagai peluang oleh beberapa oknum. Mereka bahkan sampai membuat perusahaan untuk memberikan kesan bahwa investasi mereka tidak ilegal.

Kita sebagai pemilik modal harus berani menanyakan legalitas produk dan perusahaan yang menjualnya. Jangan sampai modal yang telah kita kumpulkan dengan susah payah, hilang begitu saja ditelan angin.

Sumber:

 

Peluang usaha bisnis online, Affiliate Indonesia