Banyak sekali pertimbangan untuk memulai usaha.  Apalagi jika kita mempunyai nol pengalaman dalam berbisnis. Harus mulai dari mana?  Modal kecil bisa gak? Atau tanpa modal? 

Seperti yang disinggung oleh Robert T. Kiyosaki, penulis buku Rich Dad Poor Dad, modal sebuah bisnis adalah IDE.  Apakah ide itu sulit? Mahal?  Sebenarnya tidak.

Ayo Kita Mulai

(1) Bermimpilah.  300ideathought

Kita hanya perlu BERANI mempunyai mimpi.  Ide akan datang dengan luar biasa cepatnya dan banyaknya. Bayangkan Anda mempunyai semua yang Anda inginkan. Mulailah dari sana. Anda bisa membantu orang tua Anda. Anda membantu anak-anak yatim piatu.  Anda berjalan-jalan ke luar negeri.  Anda bisa menunaikan ibadah Haji.

Apapun itu.  Bermimpilah.  Ini yang akan menjadi bahan bakar Anda dalam perjalanan menuju kesuksesan bisnis.  Anda akan banyak sekali menghadapi penolakan dan cemoohan dari orang-orang yang tidak mengerti bisnis Anda.  Impian Anda yang akan menjadi tameng dan menjaga Anda aman.

(2) Lakukan Penelitian

Tanpa persiapan yang matang, Anda bisa jatuh ke berbagai jebakan yang ada. Lakukan riset mendalam.  Cara yang paling mudah adalah lihat pasar yang sudah ada.  Hal ini untuk melihat apakah ide Anda adalah ide yang bisa menghasilkan uang.  Banyak yang berpikir jika produknya sangat unik dan tidak ada tandingannya, tetapi jika tidak ada pembelinya, dari mana uang akan datang?  Ide Anda harus bisa diwujudkan dalam produk atau jasa yang membantu banyak orang.

(3) Buat Perencanaan Matang

Ide Anda pasti hebat, tetapi jika tidak menghasilkan uang, Anda tidak akan bisa meninggalkan pekerjaan Anda dan fokus menjadi pengusaha.  Buat perencanaan bisnis yang meliputi tujuan usaha, deskripsi bisnis, analisa pasar dan persaingannya, biaya operasional, strategi pemasaran dan penjualan.

(4) Pembiayaan

Jika Anda mempunyai tabungan untuk usaha, segeralah memulai. Jangan tunda lagi. Jika Anda memerlukan suntikan dana, cobalah beberapa tempat seperti bank, kartu kredit, pegadaian dan investor malaikat.

(5) ACTION300idea

Untuk mencapai tujuan Anda, Anda harus berpikir dengan kondisi akhir yang Anda inginkan.  Kunci utama untuk mengubah ide menjadi kenyataan adalah ACTION! Mulailah segera! Dengan beraksi, Anda akan mewujudkan ide menjadi bisnis yang menguntungkan.  Setiap aksi membutuhkan langkah-langkah spesifik yang harus dilalui!

(6) MENTOR

Langkah terakhir ini sangat sering dilewati oleh pengusaha pemula.

Tiger Woods sebagai pegolf profesional dan sangat ahli di bidangnya, masih membutuhkan pelatih. Cristiano Ronaldo juga menggunakan pelatih.  Bahkan semua orang sukses akan mengatakan mereka dibimbing oleh orang lain menuju kesuksesan.  Jangan jalan sendiri!

Jika Anda membutuhkan mentor, hubungi saya di komentar di bawah.  Saya akan dapat merekomendasikan komunitas di mana Anda dapat menemukan mentor terbaik!