Saudara saya bertanya apakah Dream For dreamforfreedomFreedom layak untuk diikuti.  Mari kita lakukan review untuk satu bentuk usaha ini. Kita akan membandingkannya dengan 5 Tanda MLM yang Harus Dihindari.

UPDATE (13 Juni 2017): Petinggi Dream for Freedom dituntut 8 tahunTerdakwa investasi bodong Dream for Freedom, Fili Muttaqien dituntut 8 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 1 tahun kurungan. Hal itu diungkapkan jaksa M. Kurniawan, saat persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Senin (12/6).

 

Perusahaan

Dream For Freedom dimiliki oleh Bapak Fili Muttaqien. Beliau mengadakan komunitas ini untuk mendukung usaha Promonesia, yang berkantor di

PT Promo Indonesia Mandiri

Grand Slipi Tower, Level 42G-42H

Jl. S.Parman Kav 22-24 Slipi, Jakarta Barat 11480

T: +62 21 3049 9683

F: +62 21 3049 9682

Informasi tersebut didapat dari website promonesia.com.  Website tersebut merupakan portal untuk jual beli barang seperti tokopedia.com atau olx.co.id.

Melihat latar belakang beliau yang bergabung dengan banyak perusahaan network marketing atau MLM, sepertinya beliau cukup berpengalaman dalam membangun suatu bisnis network marketing. Peringkat beliau cukup tinggi di beberapa MLM yang telah dilakukan.  Entah mengapa beliau meninggalkan itu semua.

Beliau akhirnya mendirikan komunitas Dream For Freedom. filiSekali lagi, ini adalah komunitas. Bukan badan usaha. Tidak ada surat pendirian ataupun akta-akta lain yang diperlukan untuk membentuk suatu badan usaha.

Akta perusahaan yang ada adalah untuk promonesia. Sedangkan di website promonesia tidak disebutkan keterkaitan dengan komunitas Dream For Freedom. Ini mengkhawatirkan buat saya. Ini seperti saya mengaku pacaran dengan Jennifer Lawrence, tapi Jennifer Lawrence tidak mengenal saya sama sekali.

Beliau sendiri telah mempunyai buku yang diterbitkan oleh Gramedia.  Saya cukup salut dengan prestasi beliau.  Tetapi mari kita lanjutkan dengan membahas Dream For Freedom.

Produk

Tidak ada produk yang ditawarkan oleh Dream For Freedom. Ini merupakan tanda awal jika komunitas ini merupakan komunitas investasi money game.  Beberapa membernya akan menolak pernyataan tersebut.

Mereka akan mengatakan bahwa keuntungan member berasal dari kegiatan usaha promonesia yang dibagikan kepada member. Mereka menjamin pengembalian investasi disertai keuntungan. Keuntungan pun dibagikan secara rutin. Tetapi apakah mungkin suatu bisnis selalu untung? Tidak akan pernah rugi? Tidak mengalami naik turunnya gelombang ekonomi Indonesia?

Jika ini memang produk investasi, seharusnya ada izin dari Otoritas Jasa Keuangan.  Tetapi OJK sendiri mengatakan bahwa Dream For Freedom berpotensi merugikan.

Atau mereka hanya menjual CD motivasi, Flip Charts, dan kaos Promonesia? Lihat saja sendiri di www.d4f-official.com. Tidak ada produk lain yang ditawarkan.

Marketing Plan

Mengejutkan sekali bahwa website Dream For Freedom di www.d4f-official.com tidak menjelaskan sama sekali cara menjalankan bisnisnya. Ini merupakan website official yang saya dapatkan melalui Bapak Fili di website pribadi beliau.

Saya harus mencari website member yang mempromosikan “produk” komunitas ini.

Ini beberapa aturan main di Dream For Freedom:

  1. Tiket Send Dream Rp200.000,- dan akan dikembalikan ketika GetFreedom.
  2. Paket ditentukan sejak awal registrasi. Tidak boleh upgrade ataupun downgrade. Penghasilan maksimum ditentukan oleh paket awal.
  3. Satu nomor rekening hanya berlaku untuk maksimum 3 user ID.
  4. Reward / Bunga hanya bertumbuh sampai dengan hari ke-15.
  5. Tidak dapat melakukan SendDream ke ID yang sama sebelum melakukan GetFreedom. Setelah GetFreedom sukses, member diwajibkan untuk melakukan Auto SendDream sesuai nilai paket dalam waktu 1×24 jam atau ID akan terblokir.
  6. Perintah transfer DP 20% muncul saat registrasi dan diberikan waktu 72 jam untuk melakukan transfer dan memberikan buktinya.
  7. Perintah transfer untuk sisa 80% muncul di hari ke 7-10 (random)ketahanan sistem 3
  8. Transfer 80% harus direalisasikan dalam waktu 48jam. Jika dalam 36 jam tidak melakukan pembayaran, maka level Manager Sapphire ke atas dapat melakukan take over ID dan melunasi pembayaran dalam waktu 12 jam yang tersisa. (Artinya Anda bisa kehilangan DP 20% yang telah Anda setorkan)
  9. Setiap manager harus melampirkan bukti buku tabungan + KTP. Jika tidak dilampirkan, bonus tidak akan keluar.

Sedangkan untuk jenis paket yang tersedia adalah sebagai berikut:

  1. Paket Silver : Rp1.000.000,-
  2. Paket Gold : Rp5.000.000,-
  3. Paket Platinum : Rp10.000.000,-
  4. Paket Titanium : Rp30.000.000,-

Bonus yang didapat oleh member :

  1. Bonus Pasif sebesar 15% dari nilai paket per 15 hari.
  2. Bonus Sponsor sebesar 10% dari paket downline kita. Ditransfer langsung oleh anggota di bawah kita ke rekening kita.
  3. Bonus pairing 10%. Jika kaki kanan dan kaki kiri seimbang, Anda akan mendapatkan bonus di pasangan seimbang berikutnya.
  4. Bonust matching sebesar Rp100.000,- per pairing yang terjadi di salah satu kaki. Bonus hanya sampai 5 kedalaman dengan persentase menurun (10%, 5%, 4%, 3%, dan 2%).
  5. Gaji Manager setiap bulan. Syarat : minimal Manager Ruby.

Kesimpulan

Saya melihat bahwa ini merupakan sumber pendanaan untuk operasional promonesia. Bukan sebaliknya.  Promonesia masih terlalu muda untuk dapat memberikan pembagian keuntungan kepada member.

(1) Fokus pada perekrutan daripada penjualan produk

Komunitas ini sama sekali tidak melakukan penjualan produk.  Tidak adanya produk yang dijual tentu merupakan bukti bahwa ini merupakan investasi berupa money game. Tidak peduli kalimat manis apa pun yang akan digunakan, keuntungan “upline” adalah dari setoran “downline”.

(2) Buruknya pelatihan

Karena tidak ada produk yang dijual maka tentunya tidak akan perlu melakukan pelatihan. Anda hanya perlu bermulut manis agar calon member Anda mau memberikan uangnya kepada Anda. Lebih baik Anda bergabung dengan MLM yang baik.  Mereka akan menyediakan pelatihan penjualan yang bagus untuk Anda.

Oooppss… Saya lupa. Mereka mempunyai 2 buah CD motivasi untuk membantu Anda membujuk calon member.

(3) Membeli Lebih Banyak

Paket yang membatasi jumlah pemasukan. Anda berbisnis tentunya ingin punya penghasilan yang tidak terbatas.  Tetapi dengan memberikan aturan tidak boleh upgrade ataupun downgrade, Anda akan “dipaksa” untuk mengambil paket termahal.

(4) Anda menjadi Target Perusahaan

Ada kemungkinan Anda kehilangan uang DP sebesar 20% (yang diambil oleh komunitas) jika Anda terlambat melakukan transfer. Bukan hanya itu, Hak Usaha Anda pun bisa diambil oleh orang lain. Gila bukan?

Lebih gilanya lagi, hal ini digadangkan sebagai jurus ampuh ketahanan bisnis Dream For Freedom. Ya jelaslah. Uang gratis pasti bisa membuat perusahaan berumur panjang.

(5) Too Good To Be True

Apa yang paling mungkin Anda lakukan dalam setiap mengambil keputusan investasi? Gunakan akal budi yang telah dianugerahkan Tuhan.

Semua bisnis memerlukan waktu, tenaga dan uang.  Tidak pernah ada kepastian. Bahkan resiko merugi merupakan fakta yang tidak bisa dihindari.

Dream For Freedom memberikan janji akan membagikan keuntungan terus menerus tanpa usaha menjual apapun.  Apakah ini masuk akal?

Kesimpulan saya : Ini merupakan arisan uang di mana Dream For Freedom mengutip 20%. Arisan yang diselimuti usaha legal yang masih muda (promonesia).

Saya sudah mengupdate berita terkini per 13 Juni 2017 di mana pemilik Dream For Freedom sedang dituntut hukuman penjara 8 tahun karena usaha ini.

HINDARI !

Ingin menjalankan bisnis online?  Baca dulu Langkah Awal!