Saya mau berbagi pengalaman saya ketika perpanjang STNK mobil saya yang masih dalam kondisi leasing. Saya perpanjang di Samsat Jakarta Barat.

Perpanjang STNK yang Hampir Mati

Kendaraan saya harus diperpanjang pada tanggal 5 Januari 2019. Saya cukup khawatir jika Samsat masih dalam suasana libur sehingga kinerja mereka akan terganggu. Ternyata tidak!

Ini pengalaman saya yang cukup menyenangkan. Bahkan sangat cepat! Saya cukup terkejut dengan kinerja yang sangat baik.

Perpanjang STNK Mobil leasing di Samsat Jakarta Barat
Sumber: Twitter @SamsatJakbar

Saya pikir mereka akan bekerja dengan malas-malasan. Atau saya akan dipingpong ke sana sini. Apalagi sebelumnya saya pernah mengurus perpanjang STNK motor saya yang telat bayar pajak hampir dua tahun. Ribet banget!

Jangan Lupa Surat Pengantar Leasing

Langkah pertama supaya jangan dipingpong atau dipersulit oleh petugas adalah mempersiapkan surat pengantar dari leasing.

Syarat perpanjang STNK mobil 1 tahun adalah membawa BPKB asli. Tetapi hal ini tidak mungkin bagi kita yang kendaraannya masih dalam kondisi leasing. Karena leasing menahan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor sebagai jaminan.

Untuk itu leasing akan mengeluarkan surat pernyataan bahwa BPKB ada di leasing. Mereka juga akan memberikan fotokopi BPKB yang mereka legalisir.

Saya datang ke leasing Mitsui sehari sebelum ke Samsat. Iya. Saya memakai Mitsui sebagai lembaga finance kendaraan saya.

Sempat salah gedung sih. Mereka sebelumnya berlokasi di Menara Satu Kelapa Gading. Eh.. pas disamperin ternyata mereka sudah pindah ke Kirana Three. Untung masih di Kelapa Gading. Kaga terlalu jauh pindahnya.

Kirana Three Commercial Avenue, 9th Floor Jl. Boulevard Raya Kav. 1, Kelapa Gading Jakarta 14240 – Indonesia. Telp: 021 45855518 (Hunting)

Kinerja Mitsui leasing juga termasuk cepat. Saya belum sempat membuat janji ketemu karena semua nomor telepon yang saya hubungi tidak ada yang mengangkat. Kaga heran sih. Pindah gedung pasti pindah nomor telepon.

Pas datang ke Mitsui leasing, saya langsung bilang kalau saya mau perpanjang STNK mobil saya. Tadinya mau memakai jasa mereka tetapi akhirnya saya memutuskan untuk urus sendiri ke Samsat. Saya menunggu tidak terlalu lama dan mereka segera menyediakan Surat Pengantar dan Fotokopi BPKB.

Saya segera meninggalkan Mitsui leasing untuk mengunjungi keluarga di Kelapa Gading.

Perpanjang STNK Mobil Leasing

Kebetulan mobil saya atas nama isteri. Jadi saya harus membuat Surat Kuasa supaya saya bisa mengurus perpanjangan STNK mobil. Ingat kalau Surat Kuasa itu harus ditandatangani di atas meterai ya.

KTP isteri asli dan STNK asli harus difotokopi satu kali. Kalau bisa ditaruh di satu halaman aja. Karena itu yang dilakukan oleh petugas fotokopi di Samsat Jakarta Barat. Lokasi fotokopi Samsat ada di sebelah mesjid ya. Untuk fotokopi KTP dan STNK, saya dikenakan biaya sebesar Rp5.000,- (lima ribu rupiah).

Oh, iya. Saya lupa memberi tahu kalau saya berangkat cukup pagi. Saya sudah sampai di Samsat Jakarta Barat yang terletak di Jalan Daan Mogot pada pukul 8:14.

Cek Biaya Perpanjang STNK Mobil

Semalam sebelumnya saya sudah mengecek biaya yang harus saya keluarkan untuk perpanjang STNK mobil saya.

Kalian bisa cek di website Samsat di sini.

Dari website tersebut, kalian tinggal memasukkan nopol mobil atau motor dan NIK dari pemilik kendaraan. Saya memasukkan nopol mobil saya dan NIK isteri (karena mobil atas nama isteri). Langsung deh keluar biaya yang diperlukan.

E-Samsat Lebih Mudah

Saya sebenarnya malas membawa uang tunai yang cukup banyak. Takut kececer di jalan atau (lebih parah) dirampok. Capek-capek melakukan bisnis online masa uang hilang gitu aja.

Jadi saya mencari informasi apakah bisa membayar secara online. Ternyata bisa lho. Kamu tinggal cari ATM saja dan lakukan pembayaran pajak kendaraan di sana. Menu tiap bank bisa berbeda. Jadi saya tidak membahas lebih lanjut.

Tetapi ternyata isteri saya bilang mending bawa saja uang tunai daripada nanti malah kerepotan dokumentasi alias struk bukti pembayaran melalui ATM hilang. Kan struk ATM selalu dalam bentuk kecil.

Kenapa saya bilang E-Samsat lebih mudah? Karena ketika saya sampai di Samsat Jakarta Barat, mereka menyediakan loket khusus dan tidak ada yang mengantri di sana.

Proses Perpanjang STNK

Mari kita kembali ke proses perpanjangan STNK mobil yang masih dalam kondisi leasing!

Di Samsat Jakarta Barat, loket perpanjangan STNK ada di lantai dasar. Jadi tidak perlu naik turun tangga.

Hal pertama yang saya perhatikan adalah saya harus mengisi formulir permohonan perpanjangan. Ini yang biasanya membuat saya pusing kepala karena takut salah tulis.

Ternyata oh ternyata, di lantai dasar tersebut, telah tersedia 3 komputer untuk mencetak formulir permohonan. Kita tinggal pilih menu perpanjang STNK 1 tahun atau perpanjang STNK yang 5 tahun (yang harus ganti plat).

Saya pilih perpanjang STNK 1 tahun. Menu berikutnya adalah memasukkan nopol kendaraan dan Cetak! Beres deh.

Formulir perpanjang STNK mobil leasing di Samsat Jakarta Barat.

Setelah itu saya ke loket dan menyerahkan Formulir Permohonan (yang baru dicetak di komputer Samsat), KTP asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi, dan Surat Pengantar dari leasing beserta fotokopi BPKB.

Petugas ternyata menanyakan siapa pemilik kendaraan karena atas nama isteri. Saya tanya apa perlu melampirkan Surat Kuasa. Petugas bilang iya. Saya langsung menyerahkan Surat Kuasa. Kemudian saya disuruh menunggu.

Bayar STNK di Loket Bank DKI

Tidak lama kemudian saya dipanggil petugas lagi untuk mengambil KTP isteri dan slip pembayaran STNK. Saya cuma menunggu kurang lebih 7 menit lho. Kaga berasa lama deh.

Saya langsung diarahkan untuk membayar di loket Bank DKI yang bersebelahan dengan loket pertama.

Petugas bank juga cukup ramah dan dengan sigap menghitung uang setoran pajak kendaraan saya.

Dengan bermodalkan bukti bayar, saya menuju ke loket pengesahan STNK.

Loket Pengesahan STNK

Saya hanya perlu menaruh bukti bayar ke baki yang tersedia di ujung loket. Karena tidak ada orang lain yang menaruh di situ, berkas saya langsung diambil dan dikerjakan. Saya kembali disuruh menunggu.

Saya menunggu cukup lama di sini. Mungkin ada 10 menit. Tetapi sebenarnya juga tidak terlalu lama juga sih. Karena mereka harus memastikan semuanya sudah benar.

Nama isteri saya dipanggil dan saya langsung mengambil STNK yang sudah disahkan dan bukti bayar pajak kendaraan terbaru. Selesai sudah.

Penutup

Cara perpanjang STNK mobil dalam kondisi leasing di Samsat Jakarta Barat ternyata mudah dan cepat. Kalau masih leasing, tidak bisa di gerai Samsat yang di mall-mall ya!

Yang penting kita harus membawa semua dokumen. Surat pengantar dari leasing dan fotokopi BPKB. STNK asli dan fotokopi. KTP pemilik dan fotokopi. Uang untuk setoran pajak. Surat Kuasa kalau bukan pemilik yang mengurus sendiri.

Proses yang cepat membuat saya hanya menghabiskan waktu 41 menit di Samsat Jakarta Barat. Ini terlihat dari bukti parkir mobil saya. Dari ambil karcis, parkir, fotokopi berkas, utak-atik komputer untuk cetak formulir, proses perpanjang stnk mobil, jalan lagi ke parkiran mobil, dan bayar parkir. Cuma 41 menit!

Cara urus perpanjang STNK mobil motor leasing di Samsat Jakarta Barat Daan Mogot

Cepat banget kan! Yang penting datang pagi deh. Samsat masih cukup sepi kalau pagi-pagi.

Bagaimana dengan pengalaman kamu mengurus perpanjang STNK mobil dalam kondisi leasing? Apa kamu pakai E-Samsat? Bagi dong pengalaman kamu di bagian komentar!

Peluang usaha bisnis online, Affiliate Indonesia