Kamu mungkin menerima banyak sekali email saat ini. Berapa banyak dari email tersebut yang kamu buka dan baca? Mari kita bahas bagaimana cara menulis email autoresponder yang efektif agar dibuka dan dibaca orang banyak.

Cara Menulis Email Autoresponder Yang Efektif

Buat Email Autoresponder Kamu Secara Personal

GetResponse (Email Autoresponder saya) memberikan informasi bahwa email yang menyebutkan hal personal di subject email akan mendapatkan 30% CTR lebih banyak dibandingkan email yang non personal.

Untuk itu, selalu gunakan nama penerima email kamu di subject email. Saya sangat menyukai jika saya membaca nama saya sendiri di subyek email. Ini merupakan salah satu penyaring yang saya gunakan di kepala saya. Hal ini berarti saya tahu bahwa saya tidak menerima spam dan sangat mungkin saya telah mendaftar di website tersebut. Apakah ada kemungkinan lainnya? Saya rasa tidak.

Hal personal lain yang bisa dimasukkan ke dalam email adalah:

  • Pembelian di masa lalu
  • Lokasi (di mana kita pernah bertemu dan mendapatkan nama mereka)
  • Website yang telah mereka kunjungi

Tulislah dalam kalimat langsung. Gunakan kata KAMU sebanyak mungkin. Ini akan membuat email kamu seperti sebuah perbincangan. Kamu jelas lebih ingin berbicara dengan seseorang daripada sebuah brosur penjualan kan?

Buat Preview Yang Jelas Untuk Mendapatkan Perhatian

Ketika saya menerima email, saya biasanya melakukan pembacaan cepat. Yang pertama saya perhatikan adalah kolom Pengirim. Itu sebabnya kamu harus menaruh nama kamu di bagian pengirim.

Hal kedua yang saya perhatikan adalah Subject. Di samping nama kamu, sebaiknya kamu menambahkan nama perusahaan kamu di dalam bracket.

Tentu saja bagian ini akan menimbulkan perdebatan. Kalau perusahaan kamu sudah terkenal, hal ini akan mempermudah pengenalan. Sama seperti email yang saya terima dari Rich Dad Advisors.

Subject email kamu harus menggelitik rasa penasaran tanpa menipu, singkat tetapi tidak memberi kesan rahasia, dan memberikan dorongan untuk bertindak dengan batasan waktu.

Tips: Gunakan 50-60 huruf dalam 6-10 kata dalam subject email. Hal ini memberikan kesempatan email untuk dibuka lebih tinggi.

Apa Untungnya Buat Saya?

Ini adalah hal terpenting yang harus kamu ingat. Ketika kamu mengirimkan email, kamu harus menawarkan sesuatu yang berguna kepada pembacamu.email autoresponder terbaik indonesia

Meskipun kamu menuliskan email penjualan, janganlah terlalu menjual. Selalu berikan nilai tambah. Nilai tambah yang dapat membantu kehidupan pembacamu. Pecahkan suatu masalah. Bimbing mereka kepada jalan keluar.

Kamu harus akhiri email kamu dengan tombol Call To Action. Tetapi jangan cuma menulis “Klik Di Sini Untuk Informasi” tetapi tulislah “Klik Di Sini Untuk Memulai Pelajaran 7 Hari GRATIS”.

Kapan Kita Harus Mengirimkan Email?

Senin, Selasa, dan Rabu adalah waktu terbaik untuk mengirimkan email-email kamu. Itu adalah waktu di mana orang dalam mode kerja dan lebih bersedia untuk membuka email.

Kamu juga harus mengirimkan email pada hari kerja sekitar pk11:00. Jika kamu ingin mengirimkan email pada hari Minggu, kirimlah setelah pk21:00.

Sekali lagi harus saya ingatkan. Masukkan unsur waktu di email kamu. Kata “sekarang”, “terbatas”, “terakhir” akan menambah unsur ketergesaan di dalam email kamu. Jika memungkinkan, masukkan penghitung mundur.

Email kamu sebaiknya hanya berisis 150 kata. Jika kamu cenderung untuk menulis email yang lebih panjang, pastikan kamu memberikan banyak alinea baru. Setiap alinea harus diberikan jarak satu baris. Ruang kosong putih akan membantu pembaca kamu untuk membaca lebih baik.

Rekomendasi Saya Untuk Email AutoResponder

GetResponse. Saya sangat suka jasa dari GetResponse. Mereka mempunyai layanan lengkap untuk semua keperluan yang berhubungan dengan email autoresponder. Saya dapat mengatakan bahwa GetResponse adalah yang terbaik.

Pada saat kamu mencari pelayanan autoresponder, kamu pasti menginginkan pelayanan yang mudah dimengerti. Saya harus jujur ke kamu. Pada saat pertama kali menggunakan pelayanan dari GetResponse, saya sedikit kewalahan. Terlalu banyak fitur yang membuat saya akhirnya kebingungan.

Untungnya, GetResponse memberikan ujicoba gratis selama 7 hari. Ini sangat penting. Kamu tidak ingin membeli sesuatu yang tidak bisa kamu pakai.

Hal ini pernah terjadi pada diri saya. Saya membeli autoresponder dari provider lokal dan ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan saya. Bahkan pemilik autoresponder lokal tersebut tidak aktif setiap hari. Saya dikirimkan tagihan berkali-kali padahal selang beberapa menit sejak saya memesan, saya langsung membayarnya. Gila kan?

Berbeda dengan GetResponse. GetResponse mempunyai kemampuan untuk:

  • Mengatur Address Book kita (Kamu dapat import atau export address book)
  • Membuat Newsletter (Ini merupakan cara termudah untuk memberitahu pelanggan kamu tentang berita terbaru)
  • Membuat AutoResponder (Fitur ini yang paling saya cari)
  • Membuat Landing Page (Sangat user friendly. Kita bisa membuat landing page yang memukau pengunjung website kita)
  • Membuat Form (Form yang dibuat sangat mudah dan indah)
  • Membuat Automation (Kirim email kamu pada tanggal tertentu, jika diklik, dan lain-lain)
  • Membuat Survey (Kamu bisa mengumpulkan lebih banyak data dari pengunjung website kamu)

Luar biasa bukan? Dan semua pelayanan tersebut sangat murah. Hanya $15 per bulan (sampai dengan 1.000 subscribers).

Mereka bekerja dengan sangat keras untuk membantu saya memecahkan masalah email saya. Komunikasinya berjalan dengan sangat lancar.

Kamu harus segera mencoba GetResponse secara GRATIS selama 7 hari. Berikan pendapatmu mengenai mereka di bawah ini!

 

Peluang usaha bisnis online, Affiliate Indonesia