Kyle dari Wealthy Affiliate

Membaca blog Apakah Backlinks Bagus Untuk Ranking? dari Kyle, saya cukup terkejut. Saya sangat menyukai Kyle dari Wealthy Affiliate. Dia merupakan orang yang sangat mudah dihubungi. Setiap saya ada pertanyaan yang ingin saya ajukan, Kyle dengan segera menjawab. Memang waktu yang harus diberikan kurang lebih 1×24 jam. Tetapi itu termasuk sangat cepat.

Bayangkan betapa besar bisnis yang ditanganinya. Ia mengembangkan bisnis ini bersama Carson, rekannya. Dimulai dari berdua, sekarang bisnis Wealthy Affiliate berkembang dengan anggota mencapai ratusan ribu orang.

Dari ratusan ribu orang yang setiap harinya pasti ada pertanyaan dan masalah, Kyle masih mau menjawab setiap pertanyaan secara pribadi. Bahkan Kyle masih memberikan training secara pribadi dan menulis blog secara rutin.

Blog terakhir dari Kyle adalah apakah backlinks bagus untuk ranking?

Apa itu Backlinks?Apakah Backlinks Bagus Untuk Ranking? backlink to affiliate indonesia

Backlinks sederhananya adalah link website Anda yang terdapat di website lain. Seperti contoh saya meletakkan website www.WealthyAffiliate.com di sini. Link tersebut adalah backlink untuk Wealthy Affiliate.

Backlink adalah link yang kembali (back) ke website kita.

Apakah Backlinks Bagus Untuk Ranking Website Anda?

Jawabannya adalah : DULU memang bagus. Sekarang tidak. Sebelum pengkinian besar-besaran yang dilakukan Google Penguin di tahun 2014, Google menggunakan algoritma yang menentukan ranking berdasarkan pada banyaknya backlink ke website Anda.

Google dulu berpikir bahwa dengan banyaknya lalu lintas yang masuk dari website lain, maka website ini pasti website bagus. Mana mungkin orang melakukan referensi ke orang lain jika bukan karena hal yang bagus, bukan? Itu sebabnya dulu Google menempatkan website yang mempunyai backlinks yang cukup banyak di posisi yang cukup tinggi rankingnya.

Masalahnya dulu dan sampai sekarang, backlinks sangat mudah dicurangi. Ada sangat banyak perusahaan dan pekerjaan outsource yang bisa dibeli untuk mendapatkan backlink berkualitas bagus dengan biaya cukup murah.

Google dengan segera menyadari hal ini. Jika aturan main Google dicurangi, maka hasil pencarian Google akan menurun kualitasnya. Google bereaksi dengan cepat dan mengubah caranya dalam menghitung posisi ranking dalam SERP. Pengkinian Penguin di tahun 2014 menjadi proses yang MENGHAPUS banyak website. Website yang hanya bergantung pada backlink untuk mencapai posisi di halaman pertama Google, menghilang dari ranking. Ini berarti tidak akan ada traffic yang masuk ke website Anda.

Apakah backlink dibutuhkan? Apakah Anda membutuhkan backlink untuk bisnis Anda? Apakah kamu akan mendapatkan keuntungan dari backlink?

Jawaban untuk itu semua adalah TIDAK.

Sangat bertolak belakang dari kebanyakan “AHLI” yang masih mengatakan bahwa backlink sangat dibutuhkan. Hal ini sangat jauh dari kebenaran yang ada.

Anda bisa mendapatkan ranking di Google tanpa ada satupun backlink. Bahkan jika Anda menggunakan banyak waktu untuk mendapatkan backlink, maka Anda telah menyia-nyiakan waktu berharga Anda.

Google telah membuat backlink tidak ada artinya.

Mengapa? Karena tidak masuk akal untuk menggunakan algoritma yang mudah dimanipulasi oleh para pemasar Black Hat.

Jika Anda memperhatikan website yang mempunyai ranking SEO yang baik, tentunya mereka mempunyai banyak backlink. Hal ini dimungkinkan karena mereka mempunyai CONTENT yang bagus. Tentunya content yang bagus akan banyak direferensi oleh orang lain. Itu sebabnya website tersebut mempunyai banyak backlink ke artikel yang berkualitas.

Jadi alasan utama mereka mendapatkan ranking adalah CONTENT yang berkualitas.

search engine optimization

Jadi untuk SEO yang bagus, apa yang harus Anda fokuskan?

  • Kualitas CONTENT. Orang mencari informasi yang berkualitas. Itu sebabnya Google memberikan ranking yang tinggi kepada website yang dapat memberikan informasi berkualitas tinggi. Jadi jangan pernah menulis content yang asal-asalan. Anda akan mengalami perjalanan SEO yang menyakitkan nantinya.
  • Keywords. Anda harus mempunyai keyword yang ingin Anda targetkan dalam setiap post atau page yang Anda buat. Kyle merekomendasikan agar target keyword Anda berada di Judul dan dalam Paragraf pertama. Lalu Anda melanjutkan menulis artikel Anda secara natural. Jika Anda menulis dengan natural, maka Anda akan menulis keyword secara natural. Jangan pernah MEMAKSA dengan menulis berulang kali keyword yang sama.
  • LSI (Latent Semantic Index). Gunakan kata-kata yang mempunyai arti yang sama. Ini menunjukkan ke Google kalau Anda menulis secara natural dan tidak memaksakan keywords. Sebagai contoh kata “diet” berarti sama dengan “mengurangi berat badan”. Google sangat suka dengan artikel yang menggunakan LSI dengan cukup tinggi. Hasilnya adalah Google akan mengindex keyword utama Anda dan keyword dari LSI juga.
  • Dialog dan Komentar. Komentar yang ada di artikel Anda mengindikasikan bahwa artikel Anda benar-benar dibaca oleh orang lain.Orang akan berkomentar jika menikmati artikel Anda. Hal ini menunjukkan bahwa artikel Anda berkualitas tinggi.
    Pengalaman Pengguna. User experience menjadi fokus utama Google dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Itu sebabnya Google juga memperhatikan kecepatan tampil website Anda, apakah bekerja di perangkat mobile, panjangnya konten, kemudahan membaca konten, dll.
  • Otoritas dari Website. Hal ini akan tumbuh secara alami. Tentunya dengan mengasumsikan kalau Anda menulis artikel berkualitas secara berkesinambungan. Ciptakan konten secara konsisten, interaksi yang konsisten di dalam website, dan WAKTU yang memungkinkan website Anda menjadi otoritas. Dengan usaha yang cukup, Anda bisa mempunyai terobosan otoritas dalam kurun waktu 3 bulan.

Pada akhirnya, Anda akan menemukan berbagai informasi yang saling bertolak belakang tentang teknik dan strategi. Hati-hati dengan perusahaan yang berusaha menjual alat yang sudah tidak berlaku lagi. (Dalam hal ini , yang berkaitan dengan backlink).

Untuk membangun website yang sukses dan mempunyai ranking, Anda tidak memerlukan backlink.

Jangan mencoba “menipu” Google. Fokuslah pada hal yang penting. Ciptakan konten yang bagus. Perhatikan pengalaman pengguna (user experience). Berinteraksilah dengan menjawab komentar.

Untuk melihat artikel yang dibuat Kyle, Anda bisa melihatnya di sini.

Jika kamu mempunyai pertanyaan tentang backlink atau SEO atau ingin membagikan pengalaman ataupun masukan yang kamu punya, silahkan tinggalkan komentar dan pertanyaan di bawah ini.

Peluang usaha bisnis online