Analisa Pilkada DKI Jakarta 2017 – Perspektif Keuangan Pribadi

Persaingan memperebutkan kursi DKI 1 dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 mulai memanas. Apakah pengaruhnya terhadap keuangan pribadi? Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur telah diperkenalkan oleh partai-partai pendukung masing-masing.

Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Pilkada DKI Jakarta 2017

Profil Pasangan Petahana Basuki – Djarot

Kedua pasangan ini telah bekerja bersama selama dua tahun terakhir. Kinerja kerja mereka sangat luar biasa. Banyak sekali yang telah dilakukan.pilkada-dki-jakarta-2017-pasangan-cagub-basuki-ahok-djarot-2

Sebagai penduduk DKI Jakarta, saya mengalami beberapa kali banjir. Banjir terbesar pertama yang saya alami adalah pada masa pemerintahan Gubernur Sutiyoso. Saya alami lagi banjir besar lagi pada masa Gubernur Fauzi Bowo. Yang saya ingat adalah banjir-banjir tersebut selalu menggenangi Jakarta lebih dari dua hari.

Gebrakan yang dilakukan oleh Gubernur Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki T Purnama sungguh luar biasa. Mereka langsung menangani banjir ke pokok masalahnya. Mereka membersihkan saluran air. Sampah yang menyumbat dan mendangkalkan kanal ternyata mencapai berton-ton.

Ketika Gubernur Joko Widodo menjadi Presiden Republik Indonesia yang ke 7, Gubernur Basuki T Purnama pun melanjutkan normalisasi saluran air di DKI Jakarta. Tindakan beliau yang tegas dan dalam lingkup Undang-Undang yang berlaku menimbulkan pro dan kontra.

Penggusuran warga Bukit Duri yang tinggal di bantaran sungai merupakan tindakan tegas terkini. Beliau tidak peduli dengan suara negatif yang mengatakan bahwa penggusuran melanggar HAM. Rujukan yang dipakai adalah Undang-Undang.

Tetapi di balik ketegasan Gubernur Basuki (Ahok), beliau sangat peduli dengan warga Bukit Duri. Mereka telah dipersiapkan dan ditawarkan rumah susun sewa sebagai pengganti tempat tinggal mereka yang digusur.

Gerak-gerik Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat sepertinya tenggelam di balik kegiatan sang Gubernur. Mungkin karena media memang menyukai kontroversi yang mengelilingi sang Gubernur.

Satu hal yang saya prediksi. Jika Basuki-Djarot terpilih lagi untuk periode kedua, maka Djarot akan lebih sering tampil di muka umum. Hal ini merupakan persiapan Djarot untuk melanjutkan karir menjadi Gubernur DKI pada 2022.

Saat ini pasangan Petahana ini didukung oleh pemilik suara partai terbanyak. Partai pendukung Ahok-Djarot dalam pilgub DKI Jakarta 2017 adalah:

  • PDI Perjuangan
  • Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
  • Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
  • Golongan Karya (Golkar)

 

Profil Pasangan Calon Agus – Sylviana

Pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni merupakan pasangan yang baru diumumkan menjelang penutupan pendaftaran Cagug-Cawagub DKI Jakarta 2017.pilkada-dki-jakarta-2017-pasangan-agus-yudhoyono-sylviana-murni

Agus Harimurti Yudhoyono adalah anak dari Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono. Sesaat sebelum mendaftarkan diri sebagai Cagub DKI Jakarta 2017, Agus masih menjabat sebagai Mayor Infanteri dari kesatuan elit Kostrad.

Sepertinya ini merupakan langkah tepat bagi Agus. Saya melihat bahwa TNI masih diliputi budaya siapa dekat dengan penguasa akan bisa naik pangkat. Pengaruh SBY dalam militer sepertinya memudar karena pangkat Agus tidak melejit.

Tetapi jika TNI telah melakukan mekanisme yang benar, maka karir Agus dalam TNI tidak terlalu cemerlang. Hal ini cukup membingungkan. Apalagi dalam sejarah Gubernur DKI Jakarta yang berlatar belakang militer. Hanya Jenderal yang bisa maju dan menjabat sebagai Gubernur.

Sylviana Murni mundur dari jabatannya sebagai Deputi Gubernur Bidang Pariwisata Pemprov DKI Jakarta ketika mendaftarkan diri sebagai Cawagub. Mungkin karena saya tidak terlalu tahu perkembangan di dalam TNI yang cukup eksklusif, jadi berita mengenai Agus tidak terlalu banyak. Saya sempat berjabat tangan dengan Ibu Sylviana Murni sewaktu beliau masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI Jakarta.

Saya sangat kagum terhadap semangat beliau untuk pendidikan bagi warga DKI Jakarta. Itu sebabnya ketika beliau menjabat sebagai Walikota Jakarta Pusat, saya sangat mendukungnya. Etos kerja beliau yang sangat baik membuat, baik Joko Widodo maupun Basuki T Purnama selalu mempercayakan jabatan penting dalam Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

Partai pendukung Cagub-Cawagub Agus-Sylviana:

  • Partai Demokrat
  • Partai Kebangkitan Bangsa
  • Partai Amanat Nasional
  • Partai Persatuan Pembangunan

 

Profil Pasangan Anies – Sandiaga

Sandiaga Uno merupakan pengusaha muda yang sukses. Beliau bahkan pernah mendapatkan penghargaan “Indonesian Entrepreneur of the Year” pada ajang Asia Pacific Enterprise Asia 2008.pilkada-dki-jakarta-2017-anies-baswedan-sandiaga-uno

Bisnisnya sangat berkembang sehingga Globe Asia pun memasukkan beliau ke dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia.

Anies Baswedan lebih terkenal di dunia pendidikan. Beliau sempat menjadi rektor termuda di perguruan tinggi Indonesia. Karir politik beliau mulai menonjol ketika beliau mencalonkan diri sebagai Capres 2014 melalui konvensi Partai Demokrat. Tetapi di tengah perjalanan, beliau memilih untuk mendukung Joko Widodo sebagai Capres. Bahkan beliau sempat menjadi juru bicara kampanye Joko Widodo.

Kelugasan dan keluwesan beliau dalam menjawab baik isu negatif maupun positif selama masa kampanye, membuat banyak orang terkagum-kagum. Maka ketika Presiden Joko Widodo mengangkat beliau sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, orang berharap akan ada perbaikan yang signifikan dalam pendidikan di Indonesia.

Sayangnya harapan itu belum terwujud ketika beliau digantikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Pasangan ini merupakan pasangan yang cukup mengejutkan. Selama dua bulan terakhir, Sandiaga selalu digadangkan sebagai Cagub yang santun dan pasti menang melawan petahana. Tetapi ternyata yang menjadi Cagub adalah Anies. Sandiaga menjadi Cawagub.

Partai pendukung Anies – Sandiaga:

  • Partai Gerakan Indonesia Raya
  • Partai Keadilan Sejahtera

 

Apa Pengaruh Pilkada DKI Jakarta 2017 Terhadap Keuangan Pribadi?

Pilkada DKI Jakarta 2017 adalah cerminan pertarungan Capres 2019. Di sini kita melihat blok kepentingan yang semakin nyata sekali.

Saya berharap Pilkada DKI Jakarta 2017 hanya berlangsung dalam satu putaran saja. Mengapa? Karena melihat ke belakang pada Pemilihan Presiden 2014, ekonomi Indonesia tertahan cukup lama karena pertarungan yang sengit di antara kandidat yang ada.

Dunia Internasional melihat bahwa Indonesia di tengah cabang jalan. Mereka berharap yang terbaik yang akan menang dan bisa membawa iklim investasi yang lebih baik.

Harapan ini pun tersirat pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Seluruh mata bangsa Indonesia dan Internasional tertuju ke Jakarta. Jakarta adalah ibukota negara. Pusat pemerintahan. Jika kericuhan terjadi pada saat Pilkada DKI Jakarta 2017, maka itu akan memberikan efek gelombang (ripple effect) ke seluruh daerah. Ekonomi bisa tertahan atau bahkan mundur ke belakang.

Itu sebabnya saya berharap bahwa pada saat kampanye, semua calon gubernur akan bermain cantik dan tidak mengerahkan massa. Biarlah mereka beradu program dalam kampanye yang akan datang. Jika demikian, maka penduduk Jakarta akan bisa memilih calon terbaik. Bukan karena calon itu santun dan sopan, tetapi karena sanggup melaksanakan program yang terbaik bagi Jakarta.

Kestabilan pada masa kampanye adalah hal yang terpenting. Masyarakat Jakarta akan tetap bisa bekerja dan menghasilkan uang untuk menghidupi keluarganya. Keuangan pribadi pun akan terjaga sumber pemasukannya.

 

Cara Mengelola Keuangan Pribadi

Kondisi ekonomi dan politik yang stabil akan membuat Jakarta terus berkembang dengan baik. Penduduk Jakarta dan kota satelitnya akan bisa bekerja dengan baik di Ibukota Indonesia ini. Penghasilan pun akan terus masuk ke rekening dengan baik.cara-mengelola-keuangan-pribadi

Tentunya hal ini memerlukan cara mengelola keuangan pribadi yang baik. Mari kita lihat beberapa tips untuk mengelola keuangan pribadi yang baik.

Bayar Diri Sendiri Dulu. Tips ini saya dapatkan dari Robert T Kiyosaki, penulis buku Rich Dad Poor Dad. Hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah menyisihkan penghasilan kamu di AWAL. Pada saat kamu menerima gaji, hari itu juga sisihkan untuk tabungan pribadi. Saya menganjurkan sebesar 10% dari total penghasilan.

Hiduplah dari 90% penghasilan. Bayar tagihan dan cicilan yang ada dari 90% yang ada. Tabungan 10% ini jangan pernah disentuh. Hanya dua kondisi yang memperbolehkan untuk memakai tabungan ini: kondisi untuk menyelamatkan nyawa dan kondisi untuk membayar DP rumah.

Lunasi Kartu Kredit. Saya tidak suka sebenarnya memakai kartu kredit. Bunga yang dikenakan oleh perusahaan kartu kredit sangat tinggi. Apalagi jika kamu hanya membayar Minimum setiap datang tagihan. Tahukah kamu kalau demikian hutang kamu tidak akan pernah lunas?

Cara termudah untuk melunasi kartu kredit adalah dengan berhenti memakainya dan membayar minimal sebesar 2x pembayaran minimum. Jika kamu lakukan ini, dalam waktu kurang dari setahun kamu akan bisa melunasi kartu kredit tersebut.

Jika ada lebih dari satu kartu kredit, lakukan cara pelunasan di atas terhadap kartu kredit yang memiliki tagihan terbesar. Lakukan pembayaran minimum untuk kartu kredit lainnya.

Milikilah Budget Bulanan. Jika kamu melakukan dua hal pertama tersebut, kamu tentunya sadar bahwa kamu mulai harus mengatur semua pengeluaran dengan baik. Hindari pengeluaran yang tidak perlu.

Pengeluaran tidak perlu atau yang bisa kamu kurangi:

  1. TV berlangganan.
  2. Koran dan atau majalah
  3. Keanggotaan fitness center
  4. Nonton bioskop
  5. Makan di restoran
  6. Rokok

Besar Pasak Daripada Tiang. Hal ini yang biasanya dilakukan oleh orang yang kesulitan dalam mengatur keuangan. Ayolah! Jangan berbelanja melebihi pendapatan kamu. Kamu harus tahu pengeluaran kamu apa saja. Apalagi jika kamu memulai membayar diri sendiri terlebih dahulu.

Hal yang sering menggoda adalah acara SALE yang dilakukan oleh berbagai toko. Saya sendiri sangat menyukai sepatu, tas, dan jam tangan. Sale besar-besaran yang dilakukan setahun beberapa kali oleh toko-toko tersebut membuat koleksi saya sangat banyak. Untungnya sekarang saya sudah bisa menahan diri. Hanya membeli buku yang masih sangat sulit ditahan. Minimal satu buku per bulan akan saya beli.

Tambahkan Pendapatanmu.  Carilah penghasilan tambahan. Jangan sia-siakan waktu produktif yang ada. Saya bukan menganjurkan kamu untuk menjadi gila kerja dan lupa istirahat. Tetapi gunakan waktu dengan bijak.kantong-kosong-pilkada-dki-jakarta-2017

Saya lebih memilih untuk menulis konten untuk website saya. Website saya sudah menghasilkan uang yang membuat saya tersenyum. Waktu untuk website saya? Bisa kapan saja. Saya masih melakukan bisnis online ini secara part time.

Saya menyukai waktu malam hari untuk menulis artikel. Waktu di mana anak dan isteri saya sudah tertidur. 1 – 2 jam tiap harinya sudah memberikan hasil yang luar biasa untuk website saya.

Kamu pun tentunya bisa melakukan hal yang sama. Nasihat yang saya suka adalah “Bekerjalah dari pukul 5 ke pukul 9 untuk menggantikan pekerjaan pukul 9 sampai pukul 5”. Mungkin kedengarannya aneh. Maksudnya sebenarnya sederhana.  Jika kamu sudah pulang kerja, luangkan waktu dari pukul 5 sore sampai pukul 9 malam untuk membangun bisnis sendiri.

 

Bingung Melakukan Apa dari Pukul 5 Sore sampai Pukul 9 Malam.

Saya berpikir bisnis apa yang bisa saya lakukan pada 4 jam tersebut. Asuransi dan MLM sempat terlintas di pikiran saya. Tetapi untuk bertemu orang pada sore dan malam hari di kepadatan lalu lintas ibukota adalah hal yang tidak menyenangkan bagi saya.

Bukan.. Bukan bertemu orang lain yang tidak menyenangkan. Ketidakpastian waktu bertemu yang membuat saya kesal. Jika saya berjanji bertemu pukul 7 malam, belum tentu saya akan sampai di lokasi sebelum itu. Lebih mungkin saya terlambat. Lalu lintas yang padat membuat bisnis pada sore hari sangat sulit dilakukan.

Itu sebabnya saya mencari peluang bisnis yang bisa dilakukan dari rumah. Saya menemukannya. Yaitu Affiliate Marketing dengan menggunakan website dan blog pribadi.

Saya bisa langsung pulang setelah bekerja seharian di kantor. Bermain dengan isteri dan anak. Makan malam bersama. Istirahat sejenak sambil menunggu mereka tertidur. Baru setelah itu saya membuka komputer saya dan membangun bisnis online saya.

 

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki website. Jangan khawatir. Kamu akan bisa mendapatkan dua website GRATIS dari Siterubix. Pilihlah nama website kamu sekarang.

Kamu akan bisa memilih salah satu dari 12 themes yang ada. Ini akan memudahkan kamu untuk mendesain website sesuai keinginan kamu.

Lalu langkah berikutnya adalah menentukan konten apa yang hendak kamu tulis.

Sangat sederhana bukan?

Tentu saja, akan lebih banyak detail mengenai website building. Kamu bisa belajar lebih banyak melalui komunitas Online Entrepreneur di Wealthy Affiliate. Komunitas ini akan membantu kamu dalam segala hal yang berkaitan dengan bisnis online.

Daftarlah segera ke komunitas ini secara GRATIS! Atau jika kamu ingin membaca informasi yang lebih lanjut, silahkan klik di sini.

 

Kata Penutup

Pilkada DKI Jakarta 2017 sudah sangat dekat. Pilihlah pasangan calon gubernur yang telah memiliki rekam jejak yang baik dalam memimpin sebuah kota. Apalagi ini adalah Ibukota.

Jangan lupa bahwa tanggung jawab kita untuk menjaga kondisi yang kondusif di Ibukota agar kita tetap bisa mengelola keuangan pribadi kita. Kondisi ricuh adalah hal yang sangat tidak diinginkan.

Mulailah untuk mempunyai penghasilan tambahan agar kondisi keuangan kita jauh lebih baik. Saya menganjurkan bisnis online yang bisa dilakukan secara part time dari rumah.

 

Peluang usaha bisnis online