Perusahaan Multi Level Marketing telah300fraudalert berkembang cukup lama di dunia dan Indonesia. Ada beberapa yang cukup sukses tetapi lebih banyak lagi yang cuma seumur jagung. Banyaknya perusahaan MLM yang bangkrut membuat mayoritas penduduk skeptis terhadap model bisnis ini.  

Bagaimana kita membedakan MLM yang bagus dengan yang penipuan?

Jika Anda menemukan tanda-tanda ini, Anda harus segera melarikan diri:

(1) Fokus pada perekrutan daripada penjualan produk

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah fokus kegiatan.  Jika fokus MLM adalah perekrutan member baru dan bukan pada menjual produk, ini sudah LAMPU MERAH.

(2) Buruknya pelatihan

Bagaimana pelatihan dan dukungan yang Anda dapatkan? Jika Anda memberikan pertanyaan yang sulit dan mereka menjawab dengan “Bersikaplah Positif”, Anda mungkin berada dalam MLM Scam. Lihat juga materi pelatihannya. Apakah Anda benar-benar diberikan pelatihan teknis bisnis dan dukungannya? Jika Anda hanya diberi pelatihan untuk meyakinkan orang jadi member, untuk merekrut teman-teman dan saudara Anda, ini bisa saja cuma SCAM.

(3) Membeli Lebih Banyak

Apakah Anda ditekan untuk membeli lebih banyak produk? Anda bisa saja diminta untuk menjadi Anggota Elit atau masuk Jalur Cepat dengan membeli stok inventory dalam jumlah besar. Atau Anda ditekan untuk membeli Paket Bisnis Executive untuk mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan.  Jika Anda diminta untuk membayar lebih secara rutin untuk training tambahan (di luar menghadiri Seminar atau Konvensi Tahunan), Anda dalam masalah.

(4) Anda menjadi Target Perusahaan

Apakah Anda merasa tertekan ketika berhubungan dengan representatif perusahaan? Anda dibuat merasa melewatkan “kesempatan emas” untuk membeli paket dalam jumlah besar, bahwa “kesempatan emas” adalah keputusan terbaik yang bisa Anda ambil.  Hati-hati!  Kemungkinan besar ini juga scam.

(5) Too Good To Be True

Ini sudah merupakan aturan utama yang harus Anda ingat dalam segala hal.  Jika penawarannya terlalu bombastis, maka kemungkinan besar ini adalah penipuan.  Cek lah apakah produknya benar-benar seperti klaimnya. Cek juga apakah programnya benar-benar telah menghasilkan banyak kesuksesan.

Semoga semua tanda tersebut dapat membantu Anda dalam memilih bisnis yang baik!

Apakah Anda menemukan MLM dengan tanda di atas?  Bagikan dengan kami!

Ingin menjalankan bisnis online?  Baca dulu Langkah Awal!